Ini 6 Penyebab Orang Alami Cegukan Setelah Makan

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 08:00 WIB
penyebab cegukan
Foto: iStock
Jakarta -

Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan setelah makan. Tentunya bisa sangat mengganggu. Cegukan itu muncul karena beberapa alasan ini.

Cegukan sendiri terjadi ketika diafragma yaitu otot yang memisahkan dada dari perut, yang merupakan bagian integral dari pernapasan, mengalami kejang tanpa sadar. Setiap kali otot tersebut kejang, maka pita suara akan menutup sehingga menimbulkan suara "hik" yang khas.

Cegukan sebenarnya bisa terjadi kapan saja. Namun cegukan paling sering dialami ketika sedang atau selesai makan. Meskipun kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, namun jika terlalu lama dan terlalu sering tentu saja bisa membahayakan.

Apalagi jika cegukan itu bertahan sangat lama dan bisa mengganggu kegiatan makan, tidur, bahkan bernapas. Untuk itu sebaiknya ketahui penyebab cegukan agar bisa dihindari.

Dilansir dari livestrong.com (02/06), berikut ini 6 penyebab cegukan setelah makan termasuk cara pencegahannya menurut ahli gastroenterology Elena, A. Ivanina, DO, MPH.

1. Makan Terlalu Cepat

Meskipun sedang terburu-buru atau kondisi perut sangat lapar, namun makan dengan cepat bukanlah solusinya karena justru bisa menimbulkan cegukan.

Dengan kondisi makan yang terlalu cepat, akan memasukkan banyak udara atau gas ke perut. Gas tersebut kemudian akan menggembang dan bisa menyebabkan kembung.

Perut sendiri letaknya di sebelah diafragma, sehingga ketika perut kembung, maka itu bisa memicu kontraksi diafragma sehingga timbullah cegukan itu.

Untuk itu, cobalah untuk makan secara perlahan dan menarik napas terlebih dahulu sebelum makan.

2. Makan Terlalu Banyak

penyebab cegukanKetika orang makan dengan porsi yang berlebihan bisa menyebabkan kembung. Kembung itu bisa memicu cegukan. Foto: iStock

Apapun yang berlebihan pastinya tidak baik, termasuk makan terlalu banyak. Kondisi cegukan ini bisa timbul jika kita makan melebihi kapasitas perut yang sebenarnya.

Ketika orang makan dengan porsi yang berlebihan bisa menyebabkan kembung. Sama seperti apa yang dikatakan Dr. Ivanina sebelumnya, perut kembung itu bisa memicu kontraksi pada diafragma.

Cobalah untuk membatasi dan mengatur porsi makan sewajarnya agar cegukan ini bisa dihindari.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]