Terbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam Sekejap

Devi Setya - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 15:30 WIB
Terbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam Sekejap Foto: Odditty Central
Jakarta -

Sebuah sedotan dirancang untuk meredakan cegukan. Sedotan ini bisa jadi penolong karena cegukan tentu terasa tidak nyaman.

Beberapa orang punya trik unik untuk meredakan cegukan mulai dari minum banyak air, menahan napas atau meregangkan otot. Terkadang trik ini bekerja dengan efisien tapi tak jarang, cegukan tetap membandel dan tak kunjung berhenti. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan terasa tak nyaman.

Tapi kini ada solusi untuk mengatasi cegukan, kamu tak perlu lagi menahan napas ataupun minum banyak air. Cukup minum menggunakan sedotan khusus.

Dilansir dari Oddity Central (24/6) sebuah perusahaan sengaja membuat sedotan yang dirancang secara ilmiah untuk meredakan cegukan dengan cepat. Sedotan ini dikenal dengan nama HiccAway.

Terbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam SekejapTerbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam Sekejap Foto: Odditty Central

Menurut sebuah penelitian terbaru, sedotan berbentuk L ini berhasil membantu kasus cegukan hingga 92%. Hal ini tentu menjadi solusi karena sampai saat ini belum ada obat khusus untuk cegukan.

Cegukan merupakan hal yang umum terjadi pada siapapun, bayi dan orang dewasa bisa mengalami cegukan. Cegukan terjadi ketika diagfragma dan otot-otot interkostal tiba-tiba berkontraksi, ditambah lagi adanya udara yang masuk secara tiba-tiba sehingga menyebabkan pembukaan di antara pita suara yang menghasilkan cegukan.

Ketika orang yang cegukan minum air menggunakan sedotan HiccAway, maka seketika cegukan langsung reda dan hilang.

Sedotan HiccAway punya bentuk khusus karena memiliki corong di satu ujung dan dilengkapi tutup yang dapat disesuaikan dengan katup bertekanan. Cara menggunakannya cukup simpel, kamu hanya perlu menghisap air melalui sedotan ini.

Bentuk sedotan yang dirancang khusus ini membantu memicu kontraksi pada diafragma. Jika diafragma terbuka maka efek cegukan akan hilang dengan sendirinya.

Dr. Ali Seifi, ahli saraf dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio, merancang sedotan HiccAway setelah melihat sendok es krim McFlurry milik putranya. Sedotan anti cegukan ini mulai dipasarkan secara umum. Harganya mulai dari $14 (Rp 202 ribu)

Terbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam SekejapTerbaru! Sedotan Ini Bisa Redakan Cegukan Dalam Sekejap Foto: Odditty Central

"Sedotan ini bekerja secara instan dan efeknya bertahan selama beberapa jam," kata Dr Seifi The Guardian.

Untuk mengevaluasi seberapa efektif hasil penemuannya, Dr. Seifi ikut menulis sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Network, yang menganalisis tanggapan dari 249 sukarelawan yang sering mengalami cegukan. Hasilnya menunjukkan bahwa sedotan ini berhasil menghentikan cegukan pada 92% kasus.

Untuk membuktikan bahwa sedotan buatannya bukan hanya gimmick, Seifi merencanakan uji coba terkontrol dengan ahli cegukan di Swiss dan Jepang. Dia berencana untuk menguji alat HiccAway kepada penderita cegukan.



Simak Video "Nestle Hadirkan Solusi Sedotan Kertas, Yakin Lebih Ramah Lingkungan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya