ADVERTISEMENT

Teh Hitam Vs Teh Susu, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 03 Jun 2022 06:02 WIB
Teh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh hitam dan teh susu, dua minuman yang kerap dinikmati banyak orang setiap harinya. Jika melihat manfaat kesehatannya, manakah yang lebih sehat?

Teh merupakan minuman yang terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Minuman ini umum sekali dikonsumsi setiap hari. Banyak juga orang yang rutin mengonsumsinya karena menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Salah satu jenis teh yang populer adalah teh hitam. Teh ini biasa dikonsumsi dalam kondisi hangat maupun dingin. Kerap juga ditambahkan dengan susu, sehingga lebih creamy.

Dilansir dari Krishi Jagran (1/6), terdapat penjelasan soal manfaat teh hitam maupun teh susu. Selain itu, kamu juga bisa menilai mana yang lebih menyehatkan kedua minuman tersebut.

Baca Juga: 5 Bakmi Viral di TikTok, Toppingnya Bebek Peking hingga Babi Cincang

Berikut penjelasan manfaat antara teh hitam dan teh susu.

1. Manfaat Teh Hitam

Teh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehatTeh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh hitam merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Banyak yang mengonsumsi teh hitam saat sarapan maupun setelah makan. Karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan saat ditambah es batu.

Manfaat yang dapat dirasakan dari mengonsumsi teh hitam sangat beragam, terutama untuk meningkatkan imunitas tubuh. Teh ini mengandung polifenol yang berperan sebagai zat antioksidan.

Ada juga kandungan kafein yang tinggi, maka tak heran kalau teh hitam dapat meningkatkan energi. Teh hitam juga memiliki kandungan tanin yang dapat membantu mengatur perkembangan bakteri baik dalam usus, sehingga sistem pencernaan selalu terjaga.

Baca Juga: Viral Restoran Sushi Tidak Halal, Ini 3 Bahan Sushi yang Tak Halal

2. Manfaat Teh Susu

Teh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehatTeh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh susu merupakan teh hitam yang diberikan tambahan susu saat meraciknya. Kalau ingin tetap memberikan manfaat sehat, sebaiknya gunakan susu full cream atau susu nabati. Jangan gunakan susu kental manis karena kandungan gulanya sangat tinggi.

Susu yang ditambahkan ke dalam teh tidak hanya meningkatkan rasa, melainkan dapat memberikan manfaat sehat. Teh susu dapat dikonsumsi untuk menambah energi tubuh, baik juga untuk memperkuat tulang.

Teh susu juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam teh. Karena adanya kandungan karbohidrat, mineral, dan kalsiumnya, teh susu semakin dianggap sebagai minuman sehat.

3. Efek Minum Teh Hitam dan Teh Susu

Teh hitam dapat dikatakan memiliki manfaat sehat yang lebih banyak. Namun waktu mengonsumsinya harus tepat. Hindari mengonsumsi teh hitam setelah makan, karena kandungan fenol di dalamnya dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam makanan. Waktu terbaiknya adalah di antara waktu makan karena dapat mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

Bagaimana dengan teh susu? Meski teh susu memiliki beragam manfaat, minuman ini juga dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan kalau terlalu sering mengonsumsinya. Apalagi jika racikan teh susu ditambahkan gula, itu akan meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: 5 Orang Ini Jatuh Sakit Gegara Sering Makan Daging Babi



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kulineran Malam Sambil Makan Bakmi Nyemek"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT