ADVERTISEMENT

Ladies! Ini 7 Makanan Agar Miss V Kencang dan Tak Kering

Tim detikfood - detikFood
Rabu, 01 Jun 2022 06:00 WIB
Close up view of young woman and Hand is a symbol of heart over her crotch. Feminine hygiene concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Teerasak1988

5. Edamame

Kalau mau ngemil sehat, wanita bisa memilih edamame. Konsumsi kacang yang gurih lembut ini bantu vagina tetap terlumasi sehingga cegah masalah kekeringan, gatal, dan masalah lain pada vagina.

Edamame juga mengandung asam lemak omega 3, protein, dan banyak vitamin dan mineral yang bantu wanita atasi gejala pramenstruasi serta menopause. Usahakan makan setengah cangkir edamame organik tiap hari untuk dapat manfaat maksimal. Selain edamame, para wanita juga bisa makan kacang kedelai, susu kedelai, dan tahu.

6. Alpukat

Manfaat AlpukatFoto: iStock

Makanan yang bagus untuk miss V juga termasuk alpukat. Buah hijau nan lembut ini mengandung lemak sehat yang mendukung kesehatan vagina sekaligus menjaganya tetap terlubrikasi.

Konsumsi alpukat bagus untuk mencegah masalah vagina kering, termasuk gejala yang menyertainya seperti gatal dan panas. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B6 dan potassium yang juga bagus untuk kesehatan vagina. Pastikan makan alpukat secukupnya sekitar 1/4 buah per hari. Bisa dimakan segar atau dijadikan isian jus, smoothies, atau salad. Jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena alpukat tinggi kalori.

7. Greek yogurt

Kabar baik untuk pencinta yogurt. Rutin makan greek yogurt berdampak positif pada kesehatan vagina. Makanan asam ini mengandung Lactobacillus yang hidup dan aktif. Bakteri baik ini mampu memproduksi asam laktat yang sifatnya menonaktifkan atau membunuh organisme penyebab infeksi vagina.

Konsumsi yogurt juga membantu mempertahankan kadar pH vagina yang sehat. Menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics, Lactobacillus membantu menjaga kesehatan urogenital dan berperan penting dalam mencegah vaginosis bakteri, vaginitis ragi, ISK dan penyakit menular seksual. Coba konsumsi 1 hingga 2 cangkir yogurt setiap hari untuk merasakan manfaatnya.


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT