ADVERTISEMENT

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 31 Mei 2022 05:00 WIB
Manfaat Bengkuang
Foto: iStock
Jakarta -

Bengkuang dianggap 'super food' karena beragam khasiat yang dimiliki. Nutrisi di dalamnya juga mampu mengobati beberapa penyakit hingga menurunkan berat badan.

Bengkuang sering dikenal sebagai sayuran hiprida kentang dan lobak karena bentuk luarnya yang menyerupai kentang sedangkan dagingnya menyerupai lobak.

Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar, tetapi bengkuang masih termasuk ke dalam famili kacang-kacangan karena akarnya yang seperti kacang lima.

Berdasarkan data dari Kementrian Pertanian Amerika Serikat, 100 gram bengkuang mentah mengandung 90.1 gram air dan juga kalori sebesar 38 kcal.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat ditemukan pada bengkuang.

1. Dapat Membantu Mengelola Glukosa Darah

Dilansir dari boldsky.com (25/05), sebuah penelitian menyebutkan bahwa umbi pada bengkuang mampu membantu mengurangi lonjakan glukosa setelah makan.

Selain itu, umbi bengkuang juga akan menghambat tindakan alfa-glukosidase dan alfa-amilase yang berhubungan dengan pencernaan karbohidrat dan peningkatan kadar glukosa pada tubuh.

Dengan kalori dan indeks glikemik rendah serta sifat resistensi insulin yang dimilikinya, bengkuang juga membantu mengelola glukosa darah.

2. Baik Untuk Jantung

Tak hanya bisa dimakan utuh, namun bengkuang juga bisa diolah menjadi jus.

Dalam suatu penelitian menemukan bahwa jus bengkuang memiliki manfaat kardiovaskular.

Manfaat BengkuangDalam suatu penelitian menemukan bahwa jus bengkuang memiliki manfaat kardiovaskular. Foto: iStock

Jus umbi bengkuang tersebut juga membantu menghambat pembekuan darah pada manusia dan mengurangi risiko kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Bengkuang memiliki serat yang tinggi dengan kalori rendah. Satu cangkir bengkuang (120 gram) memiliki kalori sebesar 46 kalori.

Inilah mengapa sayuran ini dapat mengurangi rasa lapar serta menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bengkuang baik untuk dikonsumsi penderita obesitas karena bekerja seperti tingkat sel dan dapat memperbaiki berat badan sampai jumlah tertentu.



Simak Video "Bikin Laper: Puas Kulineran Khas Thailand di PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT