ADVERTISEMENT

5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Espresso Menurut Ahli Diet

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 05:00 WIB
Efek minum kopi espresso
Foto: Getty Images

3. Meningkatkan Detak Jantung

Efek satu ini perlu diwaspadai. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan detak jantung yang lebih cepat, bahkan bisa mengubah ritme detak jantung.

Efek minum kopi espressoTerlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan detak jantung yang lebih cepat, bahkan bisa mengubah ritme detak jantung. Foto: Getty Images

Ini biasa disebut dengan fibrilasi atrium. Efek ini biasanya akan sering terjadi pada orang muda yang mengonsumsi minuman energi yang mengandung kafein dalam dosis sangat tinggi.

4. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Kafein yang terdapat dalam kopi memiliki efek yang dikaitkan dengan pelepasan gastrin, yaitu hormon yang diproduksi perut untuk mempercepat aktivitas dalam usus besar.

Jika minum kopi sekali dua kali mungkin efek ini tidak terlalu mengganggu. Namun ketika kopi sudah menjadi minuman setiap hari, hati-hati karena dapat menyebabkan mencret atau pada beberapa orang bahkan bisa menimbulkan diare.

5. Memiliki Efek Diuretik Ringan

Efek minum kopi espressoBanyak minum kopi juga dapat menyebabkan terlalu sering buang air kecil. Hal ini karena minuman berkafein memiliki efek diuretik ringan. Foto: Getty Images

Banyak minum kopi juga dapat menyebabkan terlalu sering buang air kecil. Hal ini karena minuman berkafein memiliki efek diuretik ringan yang berarti minuman tersebut dapat menyebabkan tubuh lebih banyak menampung urin dari pada biasanya.

Karena urin yang dikeluarkan lebih sering dari biasanya, sehingga kafein juga akan menyebabkan dehidrasi. Untuk itu setelah minum kafein pastikan untuk minum air putih.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT