4 Tips Diet Tom Cruise yang Awet Muda dan Bugar di Usia 59 Tahun

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 30 Mei 2022 08:00 WIB
4 Tips Diet Tom Cruise yang Awet Muda dan Bugar di Usia 59 Tahun
Foto: Eat This, Not That
Jakarta -

Aktor Hollywood Tom Cruise masih aktif berkarya sampai sekarang. Sosoknya yang terlihat awet muda ternyata punya tips diet yang dijalani.

Tom Cruise merupakan aktor asal Amerika Serikat yang dikenal karena kelihaiannya dalam berbagai film 'action' yang menantang. Parasnya yang tampan juga membuat Tom Cruise dipuja-puja banyak orang.

Jauh berbeda dengan dahulu, Tom Cruise kini mengakui dirinya tak lagi muda. Sosok ayah dari Suri Cruise ini bahkan sudah menginjak usia 59 tahun dan akan memasuki usia kepala 6.

Walaupun begitu, Tom Cruise mengakui ada tips diet dan gaya hidup sehat yang dijalankan sejak muda dan dilakoni konsisten. Hal ini yang juga dikatakan sebagai rahasia tubuhnya tetap terlihat bugar dan awet muda.

Berikut ini 4 tips diet sehat ala Tom Cruise menurut Eat This, Not That:

Resep Sayap Ayam Panggang Bumbu Kecap PedasMenghindari asupan minyak goreng dan gorengan, Tom Cruise lebih memilih untuk menikmati makanan yang dipanggang atau dibakar. Foto: iStock

1. Konsumsi makanan yang dipanggang

Aktor kawakan ini mengatakan dirinya sudah sepenuhnya menghindari makanan atau segala macam hidangan yang digoreng. Tom Cruise lebih menyukai makanan-makanan yang dimasak dengan suhu rendah atau bahkan makanan yang dipanggang dan dibakar saja.

Hal ini lantaran makanan yang dimasak dengan suhu tinggi dapat menyebabkan inflamasi lapisan sel tubuh kronis dan mempercepat penuaan. Selain itu, Tom Cruise juga memilah makanannya dengan ketat dan hanya mengonsumsi makanan yang mengandung komponen anti inflamasi yang tinggi.

Ada beberapa makanan yang memang juga disarankan oleh para pakar untuk dikonsumsi oleh orang-orang di atas usia 50 tahun. Pada artikel Eat THis, Not That sebelumnya juga dibahas bahwa beberapa makanan anti inflamasi yang cocok untuk orang berusia di atas 50 tahun seperti salmon, dark chocolate, oatmeal mentah, tomat, brokoli dan beberapa makanan lainnya.

2. Tidak mengonsumsi karbohidrat

Banyak orang terdekat Tom Cruise yang mengatakan bahwa aktor ini tidak pernah tertangkap sedang menikmati makanan berkarbohidrat. Menurut Men's Health, Tom Cruise bahkan menjalankan diet 1.200 kalori dengan memangkas banyak asupan karbohidratnya.

Ahli dan ilmuwan gizi bernama dr. Paul Clayton juga menyebutkan bahwa asupan karbohidrat memang menjadi salah satu komponen yang dapat menciptakan insulin dan mempercepat penuaan. Terutama makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti pizza, pasta dan sereal sangat memengaruhi penuaan yang lebih cepat.

Walaupun kini Tom Cruise menjalan diet tanpa karbohidrat tetapi bukan berarti sejak masa lampau dirinya tidak mengonsumsi karbohidrat. Resep spaghetticarbonara ala dirinya bahkan sempat viral dan banyak disukai orang. Hanya saja kini Tom Cruise lebih menjaga pola makannya setelah menginjak usia 50 tahun.

Pola diet Tom cruise lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya.