ADVERTISEMENT

Empuk Juicy! Konsumsi Terong Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Berat Badan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 29 Mei 2022 06:00 WIB
Manfaat terong bagi tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Menurunkan Kolesterol Darah

Kolesterol tinggi merupakan musuh banyak orang, karena dapat menyebabkan risiko penyakit kronis yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Untuk menurunkan kolesterol tinggi, bisa diatasi dengan mengonsumsi terong.

Faktanya pada sebuah penelitian menemukan bahwa terong memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL. Dikarenakan terdapat kandungan nasunin yang tinggi pada terong.

Terong juga tinggi serat larut, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan mencegah reabsorpsi empedu yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian, 10 mililiter jus terong rutin dikonsumsi selama 2 minggu terbukti menurunkan kolesterol dan trigliserida.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat terong bagi tubuhManfaat terong bagi tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Tubuh ideal merupakan impian banyak orang. Salah satu caranya dengan melakukan diet. Makanan yang dikonsumsi juga harus mengandung nutrisi dan gizi seimbang.

Terong mengandung serat tinggi dan kalorinya rendah, sehingga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Serat dalam terong juga menghambat pelepasan hormon lapar ghrelin, yang mendorong seseorang untuk makan.

Misalnya dalam sehari mengonsumsi 100 gram terong yang telah dimasak, artinya tubuh kita memiliki 10 persen asupan serat yang direkomendasikan setiap hari. Hal ini memberikan dorongan yang baik selain makanan kaya serat lainnya.

Baca Juga: 3 Resep Tempe Paling Populer yang Bikin Nambah Nasi Terus



Simak Video "Jus Tamarillo Khas Mamasa yang Segar dan Kaya Manfaat"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT