ADVERTISEMENT

Gurih Nagih Ramen

6 Cara Makan Ramen Jepang yang Benar Agar Terasa Makin Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 10:08 WIB
Cara Makan Ramen yang Benar Agar Rasanya Lebih Nikmat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Di antara banyaknya kuliner Jepang, ramen salah satu yang populer di dunia. Untuk menikmatinya, ada beberapa cara makan ramen agar rasanya makin nikmat.

Ramen merupakan hidangan khas Jepang berupa mie yang disajikan dengan kuah kaldu gurih dan aneka topping lezat. Bisa berupa irisan daging ayam, daging babi, daun bawang, telur onsen, dan lainnya.

Restoran ramen banyak tersebar di beberapa negara. Di Indonesia, ada beberapa restoran ramen yang punya sajian ramen dengan cita rasa yang patut diacungi jempol.

Dilansir dari Ramen Hero (10/6/2021), ada 6 cara menikmati ramen yang penting dilakukan. Tentunya agar kelezatan dari ramen terasa makin nikmat.

Baca Juga: Ngakak! Tergoda Gambar Udang Asam Manis, yang Datang Malah Udang Imut

Berikut 6 cara makan ramen yang benar ala orang Jepang:

1. Diawali dengan 'Itadakimasu!'

Cara Makan Ramen yang Benar Agar Rasanya Lebih NikmatCara Makan Ramen yang Benar Agar Rasanya Lebih Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebelum makan, hal pertama yang dilakukan adalah berdoa agar makanan yang disantap menjadi berkah untuk tubuh. Sebagian orang juga terbiasa mengucapkan 'selamat makan' untuk memulai suapan pertama.

Saat menikmati ramen, ada kalimat dalam bahasa Jepang yang perlu diucapkan yaitu 'Itadakimasu' yang dibaca i-tah-da-ki-mas. Secara harfiah, kalimat tersebut memiliki makna 'menerima' dan merupakan cara mengungkapkan rasa terima kasih kepada baan, koki, hingga siapapun yang terlibat dalam pembuatan ramen.

2. Jangan Terlalu Lama Dibiarkan

Setelah mengucapkan 'Itadakimasu', jangan terlalu lama membiarkan ramen. Kamu hanya memiliki waktu 5 menit sebelum kekenyalan mie yang disajikan menjadi lembek atau lonyot.

Ketika ramen disajikan dan telah mengucapkan 'Itadakimasu', makan ramen dengan segera. Oleh karena itu, saat berada di restoran ramen kamu akan mendengar pelanggan menyeruput mie dengan cepat.

Meski panas, orang Jepang tetap menyeruput mie tersebut. Gerakan yang cepat ini membuat kondisi panas ramen merata sampai suapan terakhir. Agar bisa menikmatinya dengan cepat, dekatkan kepala ke mangkuk dan makan tanpa gangguan.

3. Cicip Kuahnya

Cara Makan Ramen yang Benar Agar Rasanya Lebih NikmatCara Makan Ramen yang Benar Agar Rasanya Lebih Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Hal pertama lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi kuah supnya terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat merasakan cita rasa original dari ramen yang dipesan.

Setelah mencicipi kuah ramen namun dirasa rasanya masih kurang pas, kamu bisa menambahkan bumbu yang diinginkan. Seperti menambahkan bubuk cabai atau bawang putih halus.

Baca Juga: 5 Ketoprak Enak di Jaksel yang Punya Rating Tinggi di Aplikasi Ojol



Simak Video "Menjajal Ramen Viral dengan Konsep Kaki Lima di Jakarta Selatan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT