ADVERTISEMENT

Ingin Panjang Umur? Rajinlah Konsumsi 7 Makanan Kaya Nutrisi Ini

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 28 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan Untuk Umur Panjang
Foto: iStock

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang memiliki nutrisi tinggi seperti lemak sehat,serat, dan antioksidan. Selain itu kacang-kacangan rendah glikemik yang dapat membantu mengurangi beban glikemik seluruh makanan, sehingga cocok untuk diet mencegah diabetes.

Makan kacang-kacangan secara terartur juga mampu mengurangi kolesterol. Kacang-kacangan juga sering dikaitkan dengan pengurangan 35 persen risiko penyakit jantung.

Konsumsilah kacang-kacangan bisa disangrai, dicincang dan dijadikan topping aneka salad sayuran.

4. Jamur

Jamur disukai karena teksturnya empuk dengan rasa umami mirip daging sapi. Beragam jamur ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Makanan Untuk Umur PanjangMengonsumsi jamur secara teratur, terutama jamur putih dan portobel yang dapat membantu penurunan risiko kanker payudara. Karena kandungan aromatase inhibitor yang dapat menghambat produksi estrogen. Foto: iStock

Mengonsumsi jamur secara teratur, terutama jamur putih dan portobel yang dapat membantu penurunan risiko kanker payudara. Karena kandungan aromatase inhibitor yang dapat menghambat produksi estrogen.

Studi dari beberapa penelitian juga menemukan anti-inflamasi pada jamur berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencegahan kerusakaan DNA, serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Namun jamur yang dikonsumsi haruslah sudah dimasak untuk menghilangkan zat karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain menjadi bahan bumbu yang melezatkan masakan, kedua jenis bawang ini juga memiliki manfaatnya tersendiri bagi kesehatan.

Bawang merah dan bawang putih bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan sistem kekebalan tubuh serta memiliki efek anti-diabetes dan anti-kanker.

Dikenal karena senyawa organosulfurnya serta efek anti inflamasi, menjadikan bawang merah dan bawang putih dapat berkontribusi pada pencegahan perkembangan kanker.

6. Tomat

Makanan Untuk Umur PanjangTomat memiliki nutrisi yang berlimpah seperti vitamin C dan E, beta-karoten, dan antioksidan flavanoid yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Foto: iStock

Tomat memiliki nutrisi yang berlimpah seperti vitamin C dan E, beta-karoten, dan antioksidan flavanoid yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Likopen yang terkandung didalamnya secara khusus mampu melindungi terhadap kanker prostat, kerusakan kulit karena sinar ultraviolet, serta penyakit kardiovaskular.

Tetapi likopen tersebut akan lebih mudah diserap saat tomat dimasak atau dalam keadaan matang dan dikonsumsi bersamadengan lemak sehat. Misalnya dibuat saus tomat yang dimasak dengan minyak olive atau mentega.

7. Beragam Buah Berry

Beragam jenis buah berry seperti stroberi, blueberry, raspberry dikenal kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang menyehatkan jantung.

Buah yang asam segar rasanya ini juga mengandung nutrisi seperti zat anti kanker dan mampu menjaga kesehatan otak. Konsumsi beragam buah berry secara teratur bisa mencegah penurunan daya ingat karena usia.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT