ADVERTISEMENT

Ingin Panjang Umur? Rajinlah Konsumsi 7 Makanan Kaya Nutrisi Ini

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 28 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan Untuk Umur Panjang
Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang dikonsumsi setiap hari pasti berpengaruh pada kesehatan. Jika ingin berumur panjang, rutinlah konsumsi 7 makanan menyehatkan ini.

Setiap makanan menawarkan nutrisi yang beragam. Seperti vitamin, lemak sehat, mineral, antioksidan dan lainnya. Namun tak semua makanan mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Ada makanan yang mengandung banyak nutrisi tetapi sebaliknya ada yang kurang bernutrisi.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat bisa berisiko terhadap penyakit berbahaya seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kanker.

Karena itu untuk menjaga kesehatan agar berusis panjang, perlu mengisi nutrisi tubuh dengan lebih banyak makanan alami yang kaya nutrisi. Makanan alami bernutrisi tinggi juga mampu memulihkan kesehatan dan vitalitas.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini 7 makanan yang kaya nutrisi untuk menunjang usia lebih panjang.

1. Brokoli dan Kembang Kol

Brokoli, kembang kol dan kol merupakan jenis sayuran cruciferous. Jenis sayuran yang memiliki kelopak khas yang sering dianggap sayur meskipun sebenarnya tergolong bunga.

Sayuran jenis ini merupakam sumber pembangkit energi yang mampu mengaktifkan sistem detoksifikasi alami dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dilansir dari denverhealthmedicalplan.org (26/05), untuk melepaskan sifat anti kanker yang kuat, sebelum dikonsumi sayuran ini bisa diparut, dipotong, atau dibuat menjadi jus. Bisa dimakan segar, dikukus, direbus atau ditumis.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik. Selain itu kandungan kalorinya rendah yaitu kurang dari 100 kalori 500 gram sehingga baik untuk mengontrol berat badan.

Makanan Untuk Umur PanjangSayuran hijau dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik. Selain itu kandungan kalorinya rendah yaitu kurang dari 100 kalori 500 gram sehingga baik untuk mengontrol berat badan. Foto: iStock

Selain dapat menjaga berat badan, sayuran hijau ini banyak dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Juga mengandung vitamin B folat dengan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang baik untuk melindungi mata dari kerusakan ringan. Untuk memaksimalkan serapan nutrisinya, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi dengan sedikit tambahan lemak sehat.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT