5 Mitos Diet Vegetarian yang Masih Populer, Ini Faktanya

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 06:00 WIB
Vegan or vegatiran diet
Foto: iStock
Jakarta -

Diet vegetarian kini sedang banyak diikuti oleh pelaku hidup sehat. Sayangnya masih banyak mitos soal diet vegetarian dipercaya hingga kini.

Diet vegetarian merupakan pola makan untuk mengurangi konsumsi produk hewani. Meskipun pada beberapa orang, produk seperti telur, madu, dan keju masih dikonsumsi.

Tak sedikit orang yang melakukan diet ini karena sekedar ingin mencoba sambil mengikuti tren pola hidup sehat. Karenanya mereka pun tak benar-benar memahami mekanisme diet vegetarian ini.

Akhirnya mitos-mitos yang beredar pun dengan mudah dipercaya. Padahal dibalik mitos ada kenyataan yang lebih memberikan pemahaman pola makan ini.

Berikut ini 5 mitos diet vegetarian yang masih dipercaya dan populer.

1.Diet Vegetarian Selalu Sehat

Vegan or vegatiran dietMakanan manis dari biji-bijian mungkin memang ada yang khusus untuk diet vegetarian. Tetapi dengan beberapa tambahan bahan, kandungan serat dan protein yang ada didalamnya akan ikut berkurang. Foto: iStock

Buah dan sayuran menjadi makanan utama ketika melakukan diet vegetarian. Namun tak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang masih mengonsumsi protein lain seperti daging.

Dilansir dari prevention.com (23/04/2022), beberapa penelitian menunjukkan konsumsi daging dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Beberapa studi juga mengatakan konsumsi daging akan lebih bermanfaat dibandingkan makanan manis.

Makanan manis dari biji-bijian mungkin memang ada yang khusus untuk diet vegetarian. Tetapi dengan beberapa tambahan bahan, kandungan serat dan protein yang ada didalamnya akan ikut berkurang.

2. Burger Vegetarian Lebih Sehat dari Burger Daging

Vegan or vegatiran dietBurger vegetarian yang kian digemari telah banyak dicampur bahan-bahan yang sebetulnya kurang efektif. Foto: iStock

Burger vegetarian yang kian digemari telah banyak dicampur bahan-bahan yang sebetulnya kurang efektif. Sodium tinggi yang ada pada beberapa burger vegetarian itu mampu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga stroke.

Karenanya burger vegetarian yang ada di toko belum tentu lebih sehat dibandingkan burger daging lainnya. Solusinya yang lebih baik yaitu membeli burger vegetarian dari gandum dan sayuran utuh rendah sodium namun tinggi protein.