Viral di TikTok, Ternyata Cara Menyimpan Alpukat Ini Berbahaya

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 24 Mei 2022 17:30 WIB
Cara Menyimpan Alpukat
Foto: iStock
Jakarta -

Alpukat harus disimpan dengan benar agar daging buahnya tak mudah berair dan busuk. Seorang TikToker bagikan cara menyimpan alpukat yang gampang tetapi berbahaya.

Umumnya alpukat dibeli saat masak tetapi belum terlalu lunak. Karena umumnya disimpan di suhu ruangan agak masak dan lembut dagingnya. Ada berbagai cara menyimpan alpukat yang lazim dilakukan orang.

Tetapi berbeda dengan seorang TikToker. Dilansir dari foodandwine.com (23/05), ada cara menyimpan alpukat yang diunggah oleh akun @shamamamahealing sempat ramai di TikTok. Video inipun telah dilihat orang jutaan kali.

Dalam video tersebut terlihat bahwa alpukat direndam dalam wadah kaca berisi air. Ternyata alpukat bisa tetap segar hingga 2 minggu. Bahkan warna daging buahnya masih hijau merona.

Namun dalam kasus ini, ternyata FDA atau badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat telah menentang cara tersebut. Menurut FDA menggunakan air untuk mengawetkan alpukat tidak akan semudah apa yang terlihat di unggahan video tersebut.

Manfaat AlpukatMenurut FDA menggunakan air untuk mengawetkan alpukat tidak akan semudah apa yang terlihat di unggahan video tersebut. Foto: iStock

Bahkan FDA tidak merekomendasikan cara ini. Hal ini didasari karena kemungkinan sisa patogen manusia seperti listeria, monocytogen, salmonella, yang berada di permukaan alpukat berpotensi untuk berkembang biak selama penyimpanannya dalam air.

Alasan ini juga didasari bukti penelitian yang telah mereka lakukan. Penelitian FDA yang diterbitkan tahun 2018 menemukan bahwa dari 1.615 sampel atau lebih dari 17 persen alpukat terkontaminasi dengan bakteri seperti listeria dan monocytogen pada kulitnya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa sebelum mengupas kulit buah alpukat, penting untuk mencucinya terlebih dahulu.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan FDA juga menunjukkan bahwa listeria monocytogenes juga memiliki potensi untuk menyusup dan meresap ke dalam daging buah alpukat ketika didinginkan dalam tempat penyimpanan. Bahkan dalam kasus ini, proses disinfektan permukaan alpukat tersebut tetap tidak bisa menghilangkan kontaminasi bakteri.

Cara Menyimpan AlpukatMemang merendam alpukat atau menyimpannya dalam lemari es dapat membuatnya tahan lebih lama. Namun akan sangat mungkin jika alpukat tersebut justru membuat kamu sakit karena terinfeksi bakteri dari kulit alpukat. Foto: iStock

Memang merendam alpukat atau menyimpannya dalam lemari es dapat membuatnya tahan lebih lama. Namun akan sangat mungkin jika alpukat tersebut justru membuat kamu sakit karena terinfeksi bakteri dari kulit alpukat.



Simak Video "Bakso Semox Racikan Wanita Modis "
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)