Mau Awet Muda? Ikuti 6 Kebiasaan Sarapan Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 15 Mei 2022 05:00 WIB
Mau Awet Muda? Ikuti 6 Kebiasaan Sarapan Sehat Ini Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Kebiasaan makan berkaitan erat dengan tampilan fisik seseorang. Kalau mau awet muda, ikuti 6 kebiasaan sarapan sehat menurut ahli gizi ini.

Menjadi tua memang tak bisa dihindari, namun kamu bisa berupaya memperlambat tanda-tanda penuaan. Hasilnya kamu lebih sehat dan tampilan fisiknya juga terlihat awet muda.

Salah satu kunci utamanya, memilih makanan yang tepat dan menjalani kebiasaan makan yang menyehatkan. Ahli gizi Melissa Mitri kepada Eat This, Not That! (12/5) menyampaikan bahwa penelitian membuktikan asupan nutrisi tertentu bisa membantu regenerasi sel kulit, mengurangi keriput, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya.

Makanan-makanan untuk awet muda umumnya mengandung vitamin C, lemak omega 3 antiinflamasi, dan vitamin D. Mengonsumsinya sangat disarankan dalam setiap waktu makan.

Ketika pagi hari, kamu bisa menjalani kebiasaan sarapan yang menyehatkan ini. Selain mengasup tubuh dengan beragam nutrisi, bonusnya kamu bakal mendapat tampilan yang awet muda.

Berikut 6 kebiasaan sarapan untuk awet muda:

1. Awali dengan segelas air putih

Sarapan identik dengan menikmati secangkir teh atau kopi, tapi sebenarnya pilihan terbaik adalah air putih. Awali pagimu dengan minum segelas air. Ahli gizi Sara Chatfield mengungkap minum air putih bantu membuat tubuh tetap terhidrasi.

Dengan begitu, kulit bakal lebih kencang, sehat, dan elastis. Elastisitas kulit ini penting didapat karena membuat kulit tampak berisi dan tidak kendor. Seiring bertambahnya usia, kulit diketahui bakal mulai kehilangan elastisitasnya.

Kalau tak suka rasa air putih, kamu bisa menambahkan beberapa irisan lemon layaknya infused water. Bahan ini bisa memberi tambahan rasa yang membuat kamu makin semangat minum. Bonus lainnya, lemon menawarkan manfaat vitamin C yang terkenal bagus untuk kulit.

2. Tambahkan alpukat

Mau Awet Muda? Ikuti 6 Kebiasaan Sarapan Sehat IniAhli gizi menjelaskan alpukat mengandung omega3 yang bisa melindungi kulit dari penuaan dini. Foto: Getty Images/andresr

Populer di kalangan pencinta hidup sehat, alpukat juga bagus ditambahkan ke dalam menu sarapan. Kamu bisa bikin roti panggang dengan topping orak-arik telur atau tahu dan beberapa irisan alpukat.

Menurut Mitri, alpukat penuh kandungan omega 3 yang membantu melindungi kulit dari penuaan dini. Jenis asam lemak ini secara simultan bisa membantu mengurangi inflamasi, sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.

Perlu diwaspadai, paparan sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dini dan penelitian membuktikan dengan mengasup omega 3 bisa mengurangi sensitivitas kulit akan sinar UV.

Selain itu, penelitian membuktikan konsumsi omega 3 bisa mengurangi risiko kanker kulit dan memberi manfaat untuk kamu yang punya masalah kulit seperti psoriasis, dermatitis atopik, dan jerawat.

3. Perbanyak makan buah

Kebiasaan sarapan untuk awet muda selanjutnya adalah memperbanyak asupan buah. Bahan makanan nabati ini penuh antioksidan yang mampu mengurangi inflamasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ahli gizi Janet Coleman mengatakan, "Buah tinggi vitamin C seperti jeruk, stroberi, kiwi, melon, atau mangga secara khusus mengandung jenis vitamin C yang berkaitan dengan pengurangan tanda-tanda penuaan kulit."

Sementara itu ahli gizi Tiana Glover menambahkan asupan vitamin C berkaitan dengan produksi kolagen yang lebih banyak. Manfaatnya, elastisitas kulit kian terjaga.

Selain buah, sayuran juga ada yang tinggi vitamin C. Ada paprika, tomat, dan brokoli yang disarankan Coleman untuk diolah jadi omelet.

Lihat lagi kebiasaan sarapan sehat di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com