ADVERTISEMENT

Tak Perlu Diet, Dokter Ini Bagikan Tips untuk Turunkan Berat Badan dan Cegah Perut Buncit

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 14 Mei 2022 07:00 WIB
Pola makan sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Biasanya orang akan melakukan diet ketat demi mendapatkan berat badan ideal. Padahal ada tips dan trik yang bisa dilakukan untuk tetap langsing dengan perut rata meskipun tanpa diet ketat.

Menjaga pola makan berarti juga menjaga kondisi kesehatan tubuh. Kebanyakan orang yang mengeluh soal berat badan biasanya tak menjaga pola makan, mereka cenderung makan makanan yang tidak sehat dan dalam porsi yang berlebihan sehingga berefek pada lemak yang menimbun di tubuh.

Solusi untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet. Namun ada dokter gizi yang memberikan tips dan trik untuk menurunkan berat badan tanpa diet. Caranya yakni dengan mengatur pola dan porsi makan.

Dilansir dari Daily Record (13/5) Dr. Sara Kayat mengatakan sebelum memutuskan untuk diet, ada baiknya untuk mengukur berat badan ideal dahulu. Dia menjelaskan bahwa berat badan yang sehat harus kurang dari setengah tinggi badan kamu.

Dr Sara memiliki tips untuk menjaga ataupun menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Tidak perlu diet ketat yang menyiksa, ia hanya memberikan instruksi untuk makan dengan teratur dan mengonsumsi banyak makanan sehat.

Berikut tips makan untuk menurunkan berat badan tanpa diet:

1. Makan dengan benar

Bukan hanya pilihan jenis dan porsi makan yang mempengaruhi asupan nutrisi. Cara makan ternyata juga punya peran penting. Dr Sara menyarankan untuk 'belajar' makan dengan benar. Maksudnya adalah belajar mengatur komposisi makanan dan belajar mengunyah makanan dengan benar.

"Belajar makan dengan benar lagi!" kata dr Sara. "Siapkan meja, piring, belajar mengunyah, belajar menghargai makanan di piring. Makan bukan hanya sebuah kebutuhan," kata Dr Sara.

Dr Sara juga menyarankan untuk makan dengan fokus artinya tidak sambil menonton televisi ataupun sambil bekerja. Orang yang makan secara fokus akan lebih mengontrol porsi makannya.

Pola makan sehatPola makan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

2. Makan lebih banyak makanan sehat

Dr Sara juga tidak melarang orang untuk makan dalam jumlah banyak, asalkan makanan yang dipilih ini adalah jenis makanan sehat. "Saya tidak membatasi seseorang untuk makan apapun, tetapi pilih makanan yang sehat dan tepat. Pilih makanan rendah kalori, makanan nabati dan makanan rendah lemak," ujar Dr Sara.

Dengan demikian perlahan orang akan lebih prioritas memilih makanan sehat. Semakin orang dilarang atau dibatasi makan, mereka justru akan cenderung makan lebih banyak.

3. Pastikan untuk ngemil

Pola makan sehatPola makan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Camilan ternyata penting untuk membuat tubuh tidak mengasup terlalu banyak kalori. Ketika merasa lapar di luar jam makan, jangan sungkan untuk mencari camilan. Namun tetap pilih jenis camilan yang sehat.

"Camilan yang ideal misalnya seperti kacang yang mengandung lemak sehat, tinggi serat dan protein. Kacang membantu menstabilkan gula darah sehingga kamu tidak terlalu ingin makan banyak," kata Dr Sara.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ngemil dan makan empat hingga lima porsi kecil sehari dapat membantu menurunkan berat badan. Tetap hindari camilan asin atau manis yang justru memiliki kandungan kalori tinggi.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT