ADVERTISEMENT

7 Makanan dan Minuman Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Ada Oatmeal dan Teh Herbal

Devi Setya - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 19:00 WIB
5 Teh Herbal untuk Diet yang Ampuh Rampingkan Perut
Foto: Getty Images/iStockphoto/liza5450
Jakarta -

Gangguan tidur tidak bisa dianggap remeh. Kalau kamu mengalami sulit tidur, cobalah konsumsi makanan dan minuman yang secara alami membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Orang yang mengalami gangguan tidur biasanya memiliki stamina dan emosi yang tak stabil. Hal ini diakibatkan oleh waktu istirahat yang tidak maksimal sehingga tubuh masih merasa lelah.

Untuk membuat mata dan tubuh beristirahat dengan maksimal, kamu tak perlu menggunakan obat tidur. Cukup konsumsi makanan dan minuman yang memberikan efek positif untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Dilansir dari Lifestrong (3/5) hubungan antara pola makan dan tidur pernah dibahas pada Januari 2022 dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Para peneliti menemukan bahwa pola makan tinggi karbohidrat, lemak sehat dan protein berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Kristy Del Coro, RDN, seorang ahli diet merekomendasikan beberapa makanan dan minuman yang mampu membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Berikut daftar makanan dan minuman yang bikin tidur nyenyak:

1. Walnut


Jika kamu mengalami masalah tidur yang serius seperti insomnia, cobalah untuk lebih sering konsumsi walnut. Kacang ini mengandung hormon melatonin, yang mempengaruhi siklus tidur seseorang.

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar kecil yang ada di otak. Fungsi utama dari hormon ini adalah membantu mengatur dan memberi sinyal, kapan waktu untuk tidur dan waktu untuk terjaga. Hormon tidur ini bisa diproduksi secara alami.

Walnut juga merupakan kacang yang mengandung magnesium dan seng, dua zat ini turut membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sebuah studi yang dilakukan Januari 2011 dalam Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa kombinasi melatonin, magnesium dan seng meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang memiliki insomnia.

Ilustrasi Wanita TidurIlustrasi Wanita Tidur Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Kiwi


Del Coro mengatakan bahwa buah kiwi mengandung hormon serotonin yang turut membantu membuat seseorang tidur dengan nyenyak. Makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur membantu orang tidur lebih cepat dan nyenyak.

Hal ini juga dibuktikan lewat sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Jadi kalau kamu mengalami kesulitan tidur, cobalah konsumsi buah kiwi. Kamu bisa menyantapnya langsung karena buah ini memiliki

3. Susu


Sejak kecil biasanya orangtua akan memberikan segelas susu hangat sebelum tidur. Hal ini bukan tanpa alasan, susu mengandung nutrisi yang mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Bukan hanya berefek pada anak-anak saja, susu juga bisa membuat orang dewasa tidur lebih nyenyak.

Susu murni merupakan sumber utama triptofan, yang dapat membantu kamu tertidur lebih cepat. Susu hangat juga meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jadi kalau kamu sedang stres dan sulit tidur, segelas susu hangat mungkin bisa membantu.

Penjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidakIlustrasi segelas susu Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Selai kacang

Selai kacang merupakan sumber lemak sehat yang juga bisa diandalkan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Lemak pada kacang ini membantu meningkatkan kadar serotonin yang membuat mata merasa ngantuk.

Kamu bisa menyantap sepotong roti dengan olesan selai kacang sebelum tidur. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi selai kacang ini secara berlebihan. Lihat kandungan gula tambahan dalam selai kacang yang jika dikonsumsi berlebihan justru memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Salah satunya meningkatkan berat badan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT