6 Pola Makan Penyubur Sperma Ini Wajib Diketahui Bapak-Bapak

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 27 Apr 2022 05:00 WIB
A sample of donor sperm and a doctors prescription
Foto: iStockphoto

4. Tambahkan asupan omega 3

Sperma pada pria dewasa dapat meningkat konsentrasinya jika rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Asam lemak omega 3 ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah dan meningkatkan kualitas sperma.

Omega 3 bisa didapatkan melalui bahan makanan hewani seperti ikan sarden, telur, ikan salmon atau bahkan ikan makarel. Sedangkan pada bahan nabati, omega 3 terkandung banyak pada walnut, edamame, kacang merah hingga minyak kedelai.

5. Kurangi konsumsi alkohol

Makanan Berlemak dan Alkohol Bisa Cepat PikunKandungan gula yang tinggi dan beberapa alasan lainnya membuat alkohol harus dibatasi jika ingin lebih subur. Foto: Getty Images/iStockphoto/coldsnowstorm

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang berkelanjutan setiap hari atau minuman dalam porsi yang berlebihan dapat memberikan efek negatif pada sperma yang dihasilkan pria. Minum alkohol dapat menurunkan kadar hormon yang sangat penting untuk kesuburan sperma.

Jika merasa sulit untuk lepas sepenuhnya dari alkohol, para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk mencari alternatif penggantinya. Misalnya seperti mengonsumsi virgin cocktail dan bir tanpa alkohol untuk tetap mempertahankan kualitas sperma yang dihasilkan.

6. Batasi asupan kafein

Penelitian mengemukakan bahwa konsumsi kafein dapat berhubungan langsung dengan kerusakan DNA. Kafein juga dikaitkan dengan terganggunya kromosom yang dibutuhkan untuk membentuk sperma pada pria dewasa.

Walaupun penelitiannya belum menjabarkan secara detail tetapi berbagai alternatif minuman berkafein selain kopi lebih disarankan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi pasutri. Misalnya yang terbiasa minum tiga cangkir kopi sehari bisa mengganti salah satu atau dua cangkirnya dengan teh saja.


(dfl/adr)