6 Pola Makan Penyubur Sperma Ini Wajib Diketahui Bapak-Bapak

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 27 Apr 2022 05:00 WIB
A sample of donor sperm and a doctors prescription
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Kesuburan sperma penting bagi pasangan suami istri (pasutri) yang ingin memiliki momongan. Untuk meningkatkan kualitas kesuburannya, ini pola makan yang cocok untuk bapak-bapak.

Untuk bisa dikaruniai buah hati, kesuburan organ reproduksi calon orang tua perlu diperhatikan. Kesehatan rahim dan sel telur pada ibu hingga kualitas sperma yang dihasilkan oleh bapak-bapak.

Asupan makanan dan pola diet seimbang perlu dijalani jika ingin lebih subur dan cepat mendapatkan momongan. Nutrisi alami yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan sangat mempengaruhi kesuburan bagi pasangan suami istri saat proses pembuahan.

Pakar kesehatan banyak yang menyarankan beberapa pola makan yang harus diperhatikan oleh calon ayah. Sel sperma yang diperlukan untuk membuahi sel telur wajib mendapatkan nutrisi yang tepat agar kesuburannya terjaga.

Berikut ini 6 pola makan penyubur sperma yang wajib ditiru bapak-bapak menurut Fertility Family (21/4):

Walnuts with wooden spoon on backgroundMengandung lemak yang baik, kacang-kacangan seperti walnut cocok dikonsumsi untuk menyuburkan sperma. Foto: iStock

1. Konsumsi kacang-kacangan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi 75 gram kacang walnut setiap hari dapat meningkatkan kesuburan sperma pada pria dewasa. Hal ini lantaran kacang-kacangan memiliki mikronutrien yang sangat baik untuk menjaga perkembangan fungsi sel sperma.

Kacang-kacangan juga mengandung antioksidan alami dan asam lemak esensial yang baik untuk menjaga kualitas sperma. Beberapa jenis kacang-kacangan yang disarankan adalah kacang almond, kacang brazil, hingga walnut.

2. Perbanyak makan bayam dan sayuran hijau

Sayuran hijau sudah terbukti dalam banyak penelitian kesehatan memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sayuran hijau seperti bayam dan yang lainnya direkomendasikan untuk selalu dikonsumsi karena kandungan folatnya yang tinggi.

Folat menjadi mikronutrien pada sintesis DNA yang dapat meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan oleh pria dewasa. Beberapa sayuran lain yang juga direkomendasikan selain bayam seperti brokoli, kacang polong, dan masih banyak lagi.

3. Pilih daging tanpa lemak

Daging memiliki kandungan lemak yang cukup mengerikan efeknya untuk kesehatan tubuh. Selain itu daging yang telah melalui proses panjang seperti olahan daging kemasan juga menjadi bahan makanan yang wajib dihindari terutama jika ingin menjaga kesuburan.

Konsumsi daging merah juga tidak bisa dihindari karena ada kandungan zinc yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sperma. Banyak penelitian yang juga telah berhasil membuktikan bahwa asupan zinc yang buruk sangat berisiko untuk kualitas sel sperma.

Pola makan untuk penyubur sel sperma lainnya ada di halaman berikutnya.