ADVERTISEMENT

Bikin Langsing! Bayam Ternyata Ampuh Gempur Lemak Perut

Devi Setya - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 05:00 WIB
Manfaat bayam untuk perut buncit
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia
Jakarta -

Perut yang buncit dan gemuk memang menyebalkan. Tapi kamu bisa mengurangi lemak perut ini dengan cara sederhana yakni makan bayam.

Bayam biasa diolah menjadi sayur atau dijadikan campuran makanan. Bukan hanya memiliki tinggi serat, bayam juga memiliki nutrisi yang berkhasiat untuk melunturkan lemak perut. Jadi kalau punya perut buncit, cobalah sering menyantap bayam.

Dilansir dari Eat This (25/4) timbunan lemak di perut bukanlah kondisi yang bisa dibiarkan begitu saja, selain mengganggu penampilan, perut buncit juga mengganggu kesehatan. Dibutuhkan perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan untuk membuat perut langsing.

Salah satu caranya dengan mengasup lebih banyak makanan yang mengandung serat dan protein. Batasi juga konsumsi lemak dan gula tambahan serta menyempatkan diri untuk berolahraga. Kamu bisa memulainya dengan makan banyak bayam, sayuran ini mengandung serat yang efektif membantu menurunkan berat badan.

Hal ini diungkapkan Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness. Bayam efektif untuk menurunkan berat badan dan juga mengusir lemak berlebih di dalam perut.

"Bayam sarat dengan nutrisi, yang membuatnya sangat bergizi dan sehat untuk tubuh," kata D'Angelo. "Bayam kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang semuanya terbukti ampuh menyusutkan lemak perut," ujar D'Angelo.

Berikut manfaat bayam untuk mengusir lemak perut:

1. Kandungan nutrisi bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran yang tinggi serat. Bayam cocok dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Kandungan serat pada bayam pun mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Selain serat, bayam pun mengandung berbagai nutrisi lainnya untuk kesehatan.

Di dalam bayam terdapat Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E. Ada juga kandungan Magnesium, Zat besi, Asam folat, Kalsium hingga Kalium. Bayam juga memiliki rasa yang enak sehingga cocok dicampur dalam berbagai makanan.

Ketika seseorang mengonsumsi serat dalam jumlah cukup maka sistem pencernaan pun akan lancar dan terhindar dari sembelit. Semakin lancar sistem pencernaan maka perut akan tampak jauh lebih langsing dan rata.

Manfaat bayam untuk perut buncitManfaat bayam untuk perut buncit Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

2. Serat bayam Bantu turunkan berat badan


Menurut D'Angelo, salah satu hal yang menjadikan bayam sebagai sayuran terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Jadi tak heran kalau bayam sering jadi pilihan makanan diet.

"Bayam adalah sayuran rendah kalori, tetapi juga sangat tinggi serat. Makan yang mengandung serat membantu merasa kenyang dan mencegah makan secara berlebihan," kata D'Angelo. "Serat juga membantu pencernaan dan penyerapan makanan, yang akan membantu menjaga metabolisme tetap terkendali."

3. Sumber protein nabati

Selain kandungan seratnya yang tinggi, bayam juga kaya akan protein. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bayam, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan matang. Kandungan protein pada bayam matang akan lebih tinggi dibandingkan ketika makan bayam dalam keadaan mentah.

Satu cangkir bayam matang atau setara 150 gram bayam mengandung 5 gram protein, sementara satu mangkuk bayam mentah hanya mengandung 1 gram protein. Tentu saja jumlah ini sangat berbeda jauh. Merebus bayam dan menyantap langsung juga bisa jadi pilihan tepat.

"Bayam juga mengandung protein, yang membantu Anda mengurangi lemak berlebih dalam perut, membentuk otot, dan membuat perut merasa kenyang," kata D'Angelo. Memenuhi kebutuhan protein harian juga berperan maksimal untuk mengecilkan lingkar perut.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT