8 Kebiasaan Makan Buruk yang Bikin Perut Buncit

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 16 Apr 2022 06:00 WIB
Kebiasaan buruk pola makan yang bikin perut buncit Foto: iStock
Jakarta -

Pola makan sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan. Karenanya perhatian beberapa pola makan ini agar tidak menimbulkan lemak perut.

Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Karenanya banyak orang yang rela melakukan berbagai metode diet demi bisa memangkas berat badan.

Apapun metode dietnya, yang jelas pola makan yang sehat dan seimbang adalah kuncinya. Sebab ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan lemak perut yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan.

Dilansir dari The Daily Star, berikut 8 pola makan yang menyebabkan lemak perut menumpuk:

1. Tidak Fokus Makan

Kebiasaan buruk pola makan yang bikin perut buncitKebiasaan buruk pola makan yang bikin perut buncit salah satunya tidak fokus ketika makan Foto: iStock

Ketika sedang makan, fokuslah untuk menyelesaikan makan. Jangan makan sambil melakukan aktivitas lain, meskipun hanya sekadar bermain handphone

Tahukah kamu bahwa kebiasaan makan sambil main handphone bisa menyebabkan kamu secara tidak sadar makan secara berlebihan. Dan inilah yang kemudian menyebabkan lemak perut.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek

2. Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan lemak di perut. Perlu diketahui bahwa dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

Jika kamu makan terlalu cepat, bisa jadi kamu mengonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh. Sebaliknya, jika makan secara perlahan akan lebih sedikit kalori yang masuk.

3. Makan Terlambat

Kebiasaan buruk pola makan yang bikin perut buncitKebiasaan buruk pola makan yang bikin perut buncit bisa karena terlambat makan Foto: iStock

Mulailah kebiasaan untuk makan tepat waktu. Makan terlambat bisa mengganggu sistem pencernaan. Terutama ketika makan di malam hari.

Beriktu waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna makanan lebih awal di malam hari. Semakin lama kamu makna, maka semakin sedikit waktu yang dimiliki tubuh untuk membakarnya.

4. Mengonsumsi Roti Putih

Roti putih jadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan lemak perut. Biji-bijian olahan dalam roti putih dan makanan olahan lainnya tidak mengandung serat.

Selain dapat menyebabkan lemak perut, mengonsumsi roti putih juga bisa meningkatkan kadar gula darah dan berakhir pada penambahan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com