Ahli Gizi Sebut 7 Kebiasaan Makan yang Bikin Diet Cepat Sukses

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Apr 2022 07:00 WIB
7 Kebiasaan Makan Ini Bikin Diet Lebih Cepat Sukses, Ini Kata Ahli Gizi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat diet perlu melakukan berbagai trik agar hasilnya efektif. Ada beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya kamu terapkan agar diet lebih cepat sukses.

Menurunkan berat badan terbilang susah-susah gampang, namun kalau sudah tahu triknya, bukan tidak mungkin berat badan ideal lebih cepat didapat. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan makan sehari-hari.

Beberapa kebiasaan makan ini mungkin terlihat sepele, namun ternyata menurut ahli gizi, sifatnya bisa membantu usaha diet. Salah satunya membuat jurnal makanan.

Dengan mencatat makanan apa saja yang kamu asup, kamu bakal lebih berhati-hati dan bisa memantau jumlah kalori yang bakal dikonsumsi. Lalu ada juga kebiasaan mengunyah perlahan yang bisa membuat kamu terhindar dari makan berlebih.

Ahli gizi kembar (The Nutrition Twins), Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos mengungkap alasan ilmiah di baliknya. Kebiasaan makan inipun bisa jadi panduan kamu yang sedang diet.

Mengutip Eat This, Not That! (22/4/2022), inilah 7 kebiasaan makan yang bikin diet lebih cepat sukses:

1. Tempatkan makanan per porsi

7 Kebiasaan Makan Ini Bikin Diet Lebih Cepat Sukses, Ini Kata Ahli GiziMenyiapkan makanan per porsi bisa menghindarkan kamu dari makan berlebih. Foto: Shutterstock

Beli bahan makanan sekaligus banyak memang lebih hemat, namun sisi negatifnya bisa membuat kamu seolah 'dipaksa' cepat menghabiskannya karena khawatir tanggal kedaluwarsa segera tiba. Untuk mengakalinya, ahli gizi sarankan segera tempatkan bahan makanan itu dalam ukuran per porsi sekali makan.

Taruh dalam wadah kedap udara kemudian simpan di freezer. "Karena makanan beku butuh dilumerkan, keinginan makan berlebih bisa dicegah dan tekad digagalkan," kata ahli gizi kembar ini. Penempatan makanan per porsi juga bisa menjadi pengingat agar kamu tidak makan terlalu banyak.

2. Bikin jurnal makanan

Terlihat sepele, namun mencatat makanan apa saja dan seberapa banyak kamu makan tiap hari bisa membantu mengontrol pola dietmu. Lyssie dan Tammy mengungkap hal ini bukan tanpa alasan.

Penelitian membuktikan, mereka yang mencatat jurnal makanan harian mengalami penurunan berat badan 2 kali lebih banyak ketimbang yang tidak. Pasalnya jurnal ini menjadi panduan sekaligus alarm dari makanan apa saja yang bakal masuk ke perutmu. Partisipan pun jadi lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

3. Taruh minyak di botol spray

7 Kebiasaan Makan Ini Bikin Diet Lebih Cepat Sukses, Ini Kata Ahli GiziMenyimpan minyak di botol spray bisa menjadi cara menghemat asupan kalori. Foto: Shutterstock

Saat diet, penggunaan minyak sebaiknya dibatasi agar asupan kalori tak berlebih. Salah satu cara simpelnya adalah dengan menaruh minyak di botol spray. Dengan begini tak akan ada lagi 'kecelakaan' menaruh minyak terlalu banyak.

Cara yang sama juga bisa kamu terapkan pada saus atau bumbu lain yang sifatnya cair dan bisa ditempatkan di botol spray. "Ini adalah tips yang sangat berguna sebab tiap 1 sendok makan minyak atau saus dressing bisa mengandung 100-200 kalori. Klien kami turun berat badan dengan cepat usai melakukan kebiasaan ini," kata The Nutrition Twins.

4. Makan perlahan

Dua ahli gizi ini menjelaskan semakin lambat kamu makan, maka semakin baik efeknya untuk tubuh. Mereka menyarankan agar kamu mengurangi kunyahan dari biasanya untuk membantu penurunan berat badan.

"Kebiasaan yang terlihat elegan ini sebenarnya juga membantu kamu lebih sadar dengan makanan apa yang diasup dan kamu akan berhenti sebelum kenyang," kata The Nutrition Twins. Bergantung pada jenis makanannya, cara ini bisa mengurangi asupan hingga 100 kalori per menu.

Lihat lagi kebiasaan makan yang bikin diet lebih cepat sukses di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Kraton Toping Lidah Goreng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com