Doyan Pepaya? Ini Manfaat Sehat Rutin Makan Pepaya

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 25 Apr 2022 06:06 WIB
Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata Peneliti Foto: iStock
Jakarta -

Pepaya biasa dinikmati karena rasanya yang segar. Buah tropis ini ternyata juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Berikut manfaatnya!

Pepaya merupakan jenis buah tropis yang dapat memberikan efek segar. Di Indonesia, buah ini biasa disantap begitu saja, ada juga yang menjadikannya rujak.

Tak hanya manis segar, tapi baik juga untuk tubuh kalau dikonsumsi secara rutin. Karena buah yang dagingnya berwarna oranye ini memiliki sejumlah manfaat berkat kandungan nutrisi yang tinggi.

Dilansir dari Eat This, Not That (22/4), buah pepaya diketahui mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut dapat berperan untuk membantu tubuh melawan peradangan kronis.

Baca Juga: Resep Nastar Lumer dan Lembut Anti Retak untuk Suguhan Idul Fitri

Healthy and fresh cut papaya fruit or sliced papaya, served in a bowlHealthy and fresh cut papaya fruit or sliced papaya, served in a bowl Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

"Pepaya dipenuhhi dengan nutrisi dan antioksidan seperti karotenoid, pepaya dapat membantu tubuh melawan peradangan kronis," kata Amy Goodson selaku ahli nutrisi.

"Antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada stres oksidatif yang pada akhirnya menyebabkan penyakit," lanjut Goodson.

Goodson juga menjelaskan sebuah penelitian yang menunjukkan semakin banyak sayuran dan buah dikonsumsi, maka asupan zat antioksidan ke tubuh lebih tinggi. "Semakin besar kemungkinan tersebut dapat membantu tubu melawan peradangan dan penyakit," ujarnya.

Baca Juga: Resep Kue Thumbprint Kacang yang Renyah Manis untuk Suguhan Idul Fitri

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Sehatkan Pencernaan hingga Kulit Foto: iStock

Pepaya juga mengandung zat anti-inflamasi berupa kolin. Kolin memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya membantu meningkatkan kesehatan hati, otak, dan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Selain itu, ada juga kandungan beta-karoten dan likopen. Kandungan tersebut disebut juga karotenoid yang merupakan pigmen di dalam daging buah pepaya. Banyak terkandung juga di wortel dan tomat.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain. Enzim tersebut dapat membantu mengolah makanan dalam sistem pencernaan tubuh. Sehingga banyak dikonsumsi untuk melancarkan BAB, jadi tak lagi merasakan sembelit.

Baca Juga: Dewi Cake, Industri Kue Kering Asal Tangerang yang Eksis Selama 20 Tahun



Simak Video "Harga Pepaya Jatuh, KWT Boyolali Sulap Jadi Camilan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com