8 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat Alami, Gampang Ditiru!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 05:00 WIB
Coffee with cookies and astrological zodiac symbols
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dzhulbee

4. Giling kopi tepat sebelum diseduh

Membeli kopi dalam bentuk biji dan dalam porsi yang lebih banyak akan sangat hemat dan memudahkan. Hanya saja jangan menggilingnya terlebih dahulu jika belum ingin diseduh dan dinikmati agar rasanya masih bisa terasa dengan efektif.

"Kopi bubuk lebih cepat kehilangan rasanya. Saat digiling semuanya akan langsung menurun," kata Nyamumbo. Selain itu, menyimpan kopi dalam bentuk biji juga lebih ampuh untuk mempertahankan keawetannya agar bisa disimpan lebih lama.

5. Seduh menjadi cold brew

Kopi yang diseduh dengan metode cold brew jauh lebih rendah keasamannya hanya sekitar 65% saja dibandingkan dengan kopi panas lainnya. Ahli gizi Npur Zibdeh mengungkapkan bahwa cold brew akan lebih bernutrisi dibandingkan dengan kopi hangat yang biasa.

Cold brew juga memiliki efek yang lebih nyaman dan tidak menyebabkan gangguan pada perut seperti mulas atau kram perut yang disebabkan oleh kopi biasa lainnya. Tetapi bukan berarti tak bisa dinikmati secara hangat, cold brew juga diperbolehkan untuk dihangatkan jika ingin kopi yang lebih panas.

6. Kurangi dosis kafeinnya

kulit biji kopiWalaupun dinilai baik untuk dikonsumsi, tetapi kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diwaspadai. Foto: iStock

Dibandingkan dengan menyeruput dua cangkir kopi di pagi hari, ahli gastroenterologis bernama Marvin Singh lebih menyarankan untuk memindahkan porsi satu cangkir ke sore hari. Cara seerti ini diungkapkan oleh Singh lebih ampuh untuk memberikan lonjakan semangat yang bertahan hingga sepanjang hari.

"Ini mungkin akan terlihat seperti secangkir kopi sebagai minuman biasa di pagi hari dan kemudian kamu akan menyeruput teh hijau setelahnya. Atau kamu juga bisa mengurangi dosis kafeinnya dengan hanya mengonsumsi 10 miligram saja," kata Singh.

7. Menambahkan susu nabati

Jika kamu bukan penyuka kopi hitam, ada juga cara yang bisa dilakukan jika segelas kopinya ingin dibuat menjadi lebih sehat. Cara seperti menambahkan susu almond, susu oat hingga susu kedelai juga bisa diterapkan bagi penikmat kopi yang sensitif terhadap laktosa susu sapi.

Mengganti susu sapi menjadi susu nabati juga diakui tidak merubah kelezatannya bahkan menambahkan cita rasa yang unik. Bahkan seorang pakar kuliner bernama Marisa Moore juga menyarankan untuk membuat latte dengan susu oat dan taburan kayumanis.

8. Menambahkan lemak sehat

Menambahkan lemak dari hewan yang mengonsumsi rumput atau minyak pada kopi dikatakan sebagai cara untuk membuat kopi lebih bernutrisi. Racikan ini dikenal sebagai bulletproof coffee yang terbukti dapat meningkatkan fokus dan menstabilkan tingkat energi.

Kehadiran lemak sehat pada kopi ini juga ampuh untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Beberapa bahan yang bisa ditambahkan misalnya seperti mentega tawar.

Baca juga: Dapat Review Negatif, Restoran Ini Tega Beberkan Informasi Pribadi Pelanggan



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)