8 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat Alami, Gampang Ditiru!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 05:00 WIB
Coffee with cookies and astrological zodiac symbols
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dzhulbee
Jakarta -

Kopi tidak hanya sekadar pembangkit energi di pagi hari. Ternyata kopi bisa dibuat jadi minuman lebih sehat bahkan hanya dengan cara simpan yang benar.

Kopi begitu populer sebagai minuman di pagi hari yang banyak dinikmati orang. Kopi ternyata juga bisa menjadi minuman yang menyehatkan jika dikonsumsi dengan cara benar.

Bukan hanya sekadar penyeduhannya yang tepat, mulai dari penyimpanan biji kopi hingga penyimpanannya setelah diseduh jika dilakukan secara tepat dapat memaksimalkan manfaatnya. Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kopi mampu mempertahankan kualitas nutrisinya secara alami.

Para pakar kopi dan akar kesehatan membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips-tipsnya ini bahkan juga bisa dilakukan di rumah dengan sangat mudah.

Baca juga: Resep Kembang Goyang Wijen yang Gurih Renyah Buat Suguhan Tamu

Berikut ini 8 cara memaksimalkan nutrisi kopi secara alami menurut Mind Body Green (20/4):

kulit biji kopiBiji kopi sensitif terhadap aroma dan rasa makanan di sekitarnya, maka dibutuhkan penyimpanan yang tepat. Foto: iStock

1. Menyimpan biji kopi dengan benar

Walaupun tidak memberikan dampak terhadap kesehatan, penyimpanan biji kopi dapat memberikan efek tertentu yang secara tidak langsung berdampak pada kualitasnya. Margaret Nyamumbo, selaku CEO Kahawa 1893 sekaligus keturunan ketiga dari petani kopi mengungkapkan apa saja dampaknya yang terjadi jika salah menyimpan biji kopi.

"Oksigen, kelembaban dan cahaya adalah musuh utama dari kesegaran kopi, jadi jika kamu ingin menjaga kopi tetap segar upayakan untuk menghindarinya dari elemen-elemen tersebut," kata Nyamumbo. Nyamumbo juga menambahkan wadah yang tepat untuk menyimpan biji kopi bisa menggunakan wadah kedap udara dan disimpan dalam lemari dapur.

2. Tambahkan bubuk kolagen

Bubuk kolagen sangat mudah untuk diserap ke dalam kopi. Menambahkan bubuk kolagen juga menjadi cara yang paling tepat untuk membuat kopi menjadi jauh lebih bernutrisi sebagai minuman favorit di pagi hari.

Bubuk kolagen yang ditambahkan ke dalam kopi dapat memberi 19 jenis asam amino hingga meningkatkan manfaat kesehatan segelas kopi terhadap pengendalian gula darah. Untuk penggemar kopi yang creamy, bubuk kolagen juga dapat membuat konsistensi kopi menjadi lebih kaya dan lebih nikmat.

3. Membeli biji kopi segar yang baru dipanggang

Pada buku berjudul This Is Your Brain of Food, ahli nutrisi bernama Uma Naidoo merekomendasikan untuk memilih biji kopi yang dimasak hingga cokelat gelap. Kopi jenis ini konon lebih segar dan lebih baik untuk menjaga kesehatan otak.

Dibandingkan dengan kopi yang dipanggang pada tingkat light atau medium-roasted, biji kopi dark-roasted justru mengandung acrylamide yang lebih rendah. "Acrylamide merupakan komponen kimia yang ada di dalam kopi yang dapat menghambat neurotransmitter, merusak dopamin hingga menyebabkan stres oksidatif," kata Naidoo.

Baca juga: Ini 12 Jenis Kopi Berikut Zodiak yang Cocok untuk Menikmatinya

Tips membuat segelas kopi di pagi hari menjadi lebih sehat lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]