ADVERTISEMENT

Tak Hanya Bikin Melek, Minum Kopi Juga Menyehatkan Usus

Devi Setya - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 06:00 WIB
Kopi hitam
Foto: iStock
Jakarta -

Kopi memang terbukti membantu melancarkan sistem pencernaan. Sebuah penelitian mengungkap kopi memberikan efek menyehatkan usus.


Banyak penelitian yang mengungkapkan efek positif usai minum kopi. Seperti membuat pikiran lebih fokus, tubuh berstamina serta memaksimalkan sistem metabolisme. Antioksidan dalam kopi bahkan membantu mencegah penyakit kronis seperti stroke dan jantung.

Baru-baru ini sebuah penelitian dilakukan untuk melihat efek kopi pada usus. Biasanya untuk menjaga kesehatan usus, orang akan mengonsumsi makanan dan minuman mengandung probiotik. Sumber probiotik ini mengandung bakteri baik untuk kesehatan usus.

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffeeKopi untuk kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

Namun tampaknya kini kamu juga bisa mengonsumsi kopi untuk menjaga kesehatan usus. Dilansir dari Eat This (21/4) kesehatan usus mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit serta meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental.

Sebuah penelitian mengungkap hubungan kopi dengan kesehatan usus, penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam kopi dapat memodifikasi mikrobioma usus dengan cara yang unik. Penelitian ini dilakukan oleh Nutrients mengevaluasi mikrobiota usus dari tiga kategori peminum kopi.

Kelompok pertama adalah orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali, kemudian kelompok kedua adalah peminum kopi dalam porsi sedang dan kelompok ketiga adalah orang-orang yang minum kopi dalam jumlah banyak sampai 500 mililiter kopi per hari.

Para peneliti menemukan fakta bahwa kesehatan usus dipengaruhi oleh kandungan polifenol yang ada dalam kopi. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kronis seperti obesitas, penyakit neuro degeneratif, diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Sebuah presentasi yang dipaparkan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-84 American College of Gastroenterology juga menunjukkan manfaat kopi pada mikrobioma usus dan menyimpulkan bahwa orang yang minum dua cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki usus yang lebih sehat. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih detail.

Hubungan antara polifenol dan mikrobiota usus memang sudah terbukti membuat usus lebih sehat. Selain menyehatkan bakteri baik dalam usus, polifenol juga membantu mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus.

Bukan hanya terdapat dalam kopi, polifenol juga bisa ditemukan dalam berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran, cokelat hitam, dan juga terdapat dalam wine. Polifenol juga ditemukan dalam makanan yang mengandung prebiotik seperti yoghurt dan acar.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT