7 Pola Makan untuk Kendalikan Tekanan Darah Tinggi Selama Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 06:00 WIB
7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw

4. Hindari makanan tinggi garam

Walaupun makanan yang gurih tampak menggiurkan untuk dinikmati selagi sahur maupun berbuka tetapi makanan yang gurih asin dan tinggi sodium justru akan menjadi bumerang bagi penderita darah tinggi. Garam atau sodium menjadi senjata utama yang dapat memicu tekanan darah untuk melonjak tajam.

Termasuk konsumsi acar yang mungkin secara tidak sengaja ditambahkan dalam menu makanan saat berbuka puasa, ternyata efeknya cukup mengancam. Konsumsi sayuran segar seperti salad menjadi yang paling dianjurkan untuk tetap menjaga kestabilan tekanan darah dan meminimalisir asupan sodium.

5. Makan ikan bakar

Tidak hanya kelezatannya, ikan juga memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan omega 3 yang dapat mengendalikan tekanan darah.

Saat menjalankan puasa, penderita darah tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi ikan bakar minimal dua kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan menjaga tekanan darah tetap terkendali. Jenis ikan yang paling disarankan adalah salmon atau sarden.

Still life with dairy product on wooden backgroundPenderita dara tinggi disarankan untuk mengonsumsi susu dan produk olahannya yang rendah lemak agar mendapat asupan kalsium untuk mengendalikan tekanan darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/grafvision

6. Konsumsi makanan rendah lemak

Makanan berlemak sangat cepat untuk memicu tekanan darah meningkat tajam. Kehadiran lemak yang menumpuk dalam aliran darah akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah akan tinggi dan menimbulkan gejala-gejala yang tidak nyaman.

Tetapi tidak ada salahnya jika ingin mengonsumsi produk hewani seperti susu karena kehadiran kalsium konon dapat membantu mengatur tekanan darah agar lebih stabil. Sebisa mungkin tetap memilih susu dan olahannya yang memiliki kadar lemak yang rendah.

7. Hindari daging olahan

Saat berpuasa memang rasanya ingin segala sesuatu yang lebih sederhana dan praktis. Misalnya seperti sahur dengan kornet atau buka puasa dengan sosis bakar yang lezat. Sayangnya ada banyak ancaman terutama bagi penderita darah tinggi pada bahan makanan olahan tersebut.

Daging-daging olahan dalam kemasan ditambahkan sodium yang sangat banyak dengan tujuan membuatnya menjadi lebih awet. Komponen sodium dan pengawet yang ada di dalamnya, serta lemak jenuh yang terdapat pada daging olahan ini menjadi musuh terbesar yang wajib dihindari penderita darah tinggi.

Baca juga: 5 Pola Diet Enzy Storia, Hindari Makanan Gluten hingga Berlemak Tinggi



Simak Video "Beragam Pilihan Takjil di Jalan Kebon Kacang Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)