5 Bahaya Sering Ngemil Keripik Kentang, Termasuk Picu Kanker!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 11:00 WIB
Adele Doyan Makan Keripik Kentang Campur Kecap Inggris
Foto: iStock/dok. BBC Radio

4. Tekanan darah tinggi

7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara AlamiKandungan sodium yang tinggi pada keripik kentang bisa memicu tekanan darah tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw

Ada banyak hasil penelitian yang menunjukkan asupan sodium yang tinggi berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi. Salah satu komponen utama keripik kentang, sodium, bertanggung jawab akan hal itu.

Untuk memberi rasa enak pada keripik kentang memang digunakan banyak garam dan bumbu perasa lainnya. Jika kamu mengonsumsinya terus-terusan, besar kemungkinan kamu alami tekanan darah tinggi.

Sebuah hasil penelitian bahkan menunjukkan adanya kaitan antara makan keripik kentang dengan peningkatan penyakit jantung. Jadi untuk kamu yang memang punya risiko tekanan darah tinggi, ada baiknya membatasi asupan keripik kentang dengan ketat.

5. Risiko kanker

Bahaya sering makan keripik kentang ini mungkin belum diketahui banyak orang. Menurut American Cancer Society, keripik kentang mengandung senyawa akrilamida yang terbentuk ketika makanan berpati tinggi digoreng, dibakar, atau dipanggang.

Kemudian ada beberapa penelitian yang menghubungkan senyawa ini dengan kanker ketika diteliti pada subjek tikus. Para pencinta keripik kentangpun tetap dianjurkan berhati-hati ketika mengonsumsi camilan favoritnya. Hindari terlalu sering ataupun terlalu banyak memakannya.



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Bakso Raksasa di Jakarta Timur"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)