Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 31 Des 2020 06:00 WIB
Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Beberapa makanan harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung Berikut 15 makanan pantangan penyakit jantung.

Jantung merupakan organ tubuh paling vital. Gangguan sedikit saja pada jantung akan berpengaruh pada organ tubuh lainnya dan yang paling parah bisa menyebabkan kematian.

Makanan sehat untuk jantung adalah yang memiliki nutrisi baik untuk sistem kardiovaskular atau mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Makanan ini juga perlu dilengkapi dengan manfaat menurunkan kolesterol LDL 'buruk' dan trigliserida darah, mengurangi tekanan darah, mengendalikan berat badan, dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Jenis yang disarankan adalah makanan yang mengandung omega-3, kalium, kalsium, magnesium, serat, fitonutrien dan antioksidan. Kandungan ini layak menjadi pilihan utama bagi mereka yang berusaha menjaga atau meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut 15 makanan pantangan penyakit jantung yang sebaiknya tak dikonsumsi berlebihan, seperti dikutip dari Delish (26/12):

1. Daging Olahan

Kandungan nitrat pada daging olahan dapat meningkatkan peradangan internal dan peradangan kronis yang memiliki kaitan langsung dengan aterosklerosis kaku atau arteri yang menyempit. Kandungan ini tentunya sangat berbahaya bagi jantung.

2. Ayam Panggang

5 Tips Bikin Ayam Panggang Empuk Juicy, Gampang Dicontek!Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/PaulMaguire

Ayam panggang cepat saji yang dijual di supermarket banyak disukai. Tapi olahan ayam ini kemungkinan mengandung lebih banyak natrium dan lemak jenuh daripada ayam panggang buatan rumah. Konsumsinya secara berlebih bisa merugikan kesehatan jantung.

3. Saus Tomat

Maarssen, The Netherlands - November 24, 2011: Studio shot of a bottle of Heinz Tomato Ketchup, manufactured by H.J. Heinz CompanyPantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik Foto: iStock

Konsumsi dua sendok makan saus tomat mengasup tubuh sekitar 320 miligram natrium. Kandungan ini memenuhi 14% batas harian. Ditambah kandungan gula saus tomat yang cukup tinggi, yaitu 8 gram dalam 2 sendok makan saus tomat. Karenanya saus tomat juga disarankan tidak dikonsumsi banyak-banyak.

Baca Juga: 5 Makanan Alami Ini Berkhasiat Sehat Untuk Jantung

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Bikin Laper: Gurih Segar Gurame Kecombrang yang Nendang Abis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com