5 Makanan Alami Ini Berkhasiat Sehat Untuk Jantung

Riska Fitria - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 08:00 WIB
Makanan untuk kesehatan jantung Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit jantung bisa menjadi penyakit mematikan. Karenanya penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan sehat berbahan nabati ini.

Kesehatan jantung tergantung dengan gaya hidup seseorang. Pola makan sehat adalah salah satu unsur penting yang dapat melindungi jantung dari berbagai penyakit. Untuk menu makanan, kamu dapat memprioritaskan mengonsumsi makanan berbahan nabati utuh sebagai cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa pilihan makanan untuk kesehatan jantung itu hadir mulai dari buah-buahan, sayur, rempah hingga kacang-kacangan. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa untuk mengatasi masalah kesehatan jantung bisa dengan mengonsumsi satu porsi buah dan sayur setiap hari.

Memilih pola makan nabati secara signifikan dapat membalikkan gejala gagal jantung karena, makanan tersebut kaya akan serat yang secara alami dapat menurunkan kolesterol jahat, penyakit yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jantung.

Dilansir dari The Beet (25/08) berikut 5 makanan nabati untuk kesehatan jantung.

1. Alpukat

Manfaat makan alpukat tiap hariAlpukat baik untuk kesehatan jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi alpukat bisa menyebabkan kegemukan karena adanya kandungan lemak. Namun jangan salah, kandungan lemak tersebut merupakan lemak baik yang dapat memberikan khasiat kesehatan. Lima gram lemak dalam alpukat dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Khasiat buah alpukat ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University di Amerika Serikat. Dalam penelitian itu menemukan kandungan serat, polifenol, dan fitosterol pada alpukat yang ampuh memerangi penyakit.

Selain untuk kesehatan jantung, mengonsumsi alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga penyakit diabetes juga ikut menurun. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur. Bisa dimakan langsung, dicampur ke salad atau smoothie.

Baca Juga : Jantung Sehat dengan Asupan Antioksidan 5 Makanan dan Minuman Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3