Segarkan Dahaga Saat Buka Puasa, Ini 5 Manfaat Air Kelapa Muda

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 18 Apr 2022 05:00 WIB
Manfaat air kelapa muda yang sering dikonsumsi saat buka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Air kelapa muda memiliki beberapa manfaat yang menyehatkan tubuh. Disebutkan bisa menyegarkan dahaga serta menghidrasi tubuh. Ini 5 manfaat air kelapa muda.

Selain air putih, konsumsi air kelapa muda juga dapat memberikan manfaat untuk tubuh selama Ramadan. Karena kandungan air kelapa muda yang dapat menghidrasi tubuh.

Dilansir dari Good Housekeeping (28/1), manfaat air kelapa muda sangat beragam. Selain menghidrasi tubuh, air kelapa muda juga berpotensi menurunkan tekanan darah dan meningktkan pencernaan.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Banyak Restoran China Tutup Setiap Selasa

Berikut 5 manfaat air kelapa muda selama Ramadan:

1. Mengandung Nutrisi Penting dan Elektrolit

Manfaat air kelapa muda yang sering dikonsumsi saat buka puasa.Manfaat air kelapa muda yang sering dikonsumsi saat buka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto

Air kelapa muda diketahui sebagai minuman sehat. Di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting dan elektrolit alami. Dalam secangkir air kelapa muda (11 gram) mengandung sekitar 45 kalori. Kandungan kalori yang rendah membuat minuman ini baik dikonsumsi untuk diet.

Kandungan elektrolit alami termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lainnya. Adanya elektrolit alami ini berfungsi menjaga keseimbangan pH tubuh hinga menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

Tak ada batasan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda ini bisa dikonsumsi 1 cangkir bakan lebih dari 2 cangkir per harinya.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Orang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi harus menjaga pola makan. Mereka dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

Kalau tekanan darah sedang tinggi, biasanya para pengidap penyakit ini harus mengonsumsi obat. Bisa juga dengan alternatif mengonsumsi makanan dan minuman sehat sebagai obat alami.

Salah satu minuman yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah air kelapa muda. Dikarenakan mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang.

Air kelapa muda juga kaya akan kalium yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, tapi juga mengurangi risiko terkena stroke.

Baca Juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Pilihan Menu Bukber Nikmat di Sawaregmoe Resto"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com