Hati-hati! 5 Pola Makan Ini Harus Dihindari Setelah Usia 30 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Apr 2022 07:00 WIB
Hati-hati! 5 Pola Makan Ini Harus Dihindari Setelah Usia 30 Tahun Foto: Getty Images/iStockphoto/clubfoto
Jakarta -

Pola makan sehat sebaiknya diterapkan sedini mungkin. Untuk kamu yang sudah berusia 30 tahun ke atas, hindari 5 pola makan yang bikin kesehatan menurun ini.

Pola makan yang sebaiknya dihindari di atas 30 tahun ini sebenarnya mirip dengan pola makan buruk lainnya, namun hal yang jadi pembeda adalah pada usia 30 tahun, metabolisme tubuh sudah jauh berbeda. Hal inilah yang kemudian memberi dampak kesehatan berbeda.

"Saat anak-anak, kamu bisa membakar semua energi ekstra yang dikonsumsi, tapi saat dewasa, keaktifan fisik kamu mungkin jauh berkurang. Kamu juga berhadapan dengan beragam faktor pemicu stress dalam hidup," kata ahli gizi Johna Burdeos seperti dikutip dari Eat This, Not That! (13/4/2022).

Karenanya ia menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat yang jauh lebih ketat saat kamu berusia 30 tahun. Tujuannya satu, agar kamu bisa tetap sehat ke depannya dan terhindar dari penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Kenali 5 pola makan yang harus dihindari saat kamu berusia 30 tahun:

1. Terlalu sering memanjakan diri dengan makan enak

Burdeos menyebut banyak orang suka memanjakan diri dengan makan makanan enak saat sedang stres atau setelah menghadapi hari yang berat. Namun kebiasaan ini sebaiknya tidak berlebihan karena makan banyak berarti meningkatkan risiko penyakit.

Kalau kamu suka makanan manis, misalnya, bukan tidak mungkin lama kelamaan kadar gula darah melonjak dan kamu memasuki kondisi prediabetes. Burdeos menyarankan selalu catat apapun yang kamu konsumsi agar bisa melacak seperti pola makanmu. Harapannya, kamu bisa lebih termotivasi memilih makanan sehat untuk dikonsumsi.

2. Minum minuman manis

Hati-hati! 5 Pola Makan Ini Harus Dihindari Setelah Usia 30 TahunKebiasaan minum minuman manis bisa membahayakan kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/clubfoto

Banyak orang tak bisa melepaskan diri dari jerat kenikmatan minuman manis, tapi hati-hati dengan dampaknya. Burdeos selalu mewajibkan pasiennya menghindari minuman manis sama sekali karena sudah banyak penelitian menunjukkan ada kaitan erat antara konsumsi minuman manis dengan kenaikan berat badan dan meningkatnya risiko penyakit serius.

Ia menyarankan kurangi minuman manis secara bertahap jika kamu memang penggemar berat minuman ini. Kemudian hanya asup tubuh dengan minum air putih. Minuman ini adalah yang paling sehat dan tidak mengandung kalori.

3. Kalap makan tanpa berpikir

Di usia 30 tahun, kamu harus mulai mempraktikkan prinsip makan dengan sadar (mindful eating) alias tahu apa saja yang masuk ke mulut dan bagaimana dampaknya untuk kesehatan? "Mencari makanan untuk menghilangkan stres dan bikin nyaman adalah kebiasaan yang bisa membuat kamu kalap makan," kata Burdeos.

Ia juga menekankan untuk makan dengan perlahan dan menikmatinya. "Hindari semua gangguan saat makan dan 'sadarlah' saat kamu makan. Makan pelan-pelan. Nikmati," ujarnya.

Lihat lagi pola makan yang harus dihindari setelah usia 30 tahun di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com