7 Buah Ini Bisa Bikin kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Apr 2022 05:00 WIB
Menu sahur yang bikin kenyang Foto: iStock
Jakarta -

Waktu sahur menjadi yang paling penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sebelum memulai puasa. Konsumsi buah sangat penting untuk membantu kenyang lebih lama hingga mencegah konstipasi.

Bukan hanya konsumsi makanan yang mengenyangkan, makan buah saat sahur juga penting untuk diperhatikan. Kehadiran buah di antara menu sahur diperlukan untuk membantu tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan sehingga saat berpuasa tubuh tetap fit.

Mengutip HealthXChange, kehadiran buah saat sahur juga dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama hingga mencegah konstipasi yang dialami beberapa orang saat menjalankan puasa. Pakar kesehatan mengatakan ada buah-buah tertentu yang cocok untuk disantap saat sahur.

Buah-buahan yang kaya akan air dan serat ini dapat membantu perut mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Selai itu kandungan vitamin, mineral dan fitonutriennya mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-10: Daging Paprika yang Bikin Semangat Makan hingga Segarnya Puding Mangga

Berikut ini 7 buah-buahan yang direkomendasikan untuk dimakan saat sahur agar kenyang lebih lama menurut VOI:

buah pirKaya akan air dan serat, konsumsi buah pir di waktu sahur mampu memberikan rasa kenyang yang lebih panjang. Foto: iStock

1. Pir

Satu buah pir ukuran sedang mengandung serat sekitar 4 gram. Buah ini menjadi salah satu buah kaya nutrisi dan tinggi kandungan airnya.

Lebih dari setengah kandungan seratnya berbentuk gel yang tebal dan dapat dicerna oleh tubuh secara perlahan. Serat yang tebal ini membuat pir dapat memenuhi ruang di dalam rongga perut sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

2. Apel

Apel selalu dianggap sebagai kunci kesehatan. Sekitar 80 persen kandungan buah apel berisi pektin dan serat larut yang hampir mirip dengan buah pir.

Saat digit, apel memiliki tekstur yang renyah karena 85 persen dari komponennya diisi oleh air. Menurut para pakar gizi, apel juga bisa lebih mengenyangkan jika disandingkan dengan bahan makanan sumber protein terutama ketika sahur.

3. Blackberry

Buah berukuran kecil ini ternyata memiliki manfaat yang berkali-kali lipat besar dibandingkan dengan ukurannya. Pada segenggam buah blackberry mengandung 8 gram serat yang baik untuk pencernaan.

Buah ini juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi bagi segala jenis kondisi kesehatan. Jika ingin kenyang yang lebih lama, blackberry bisa dipadukan dengan yogurt untuk sekaligus menjaga kesehatan usus.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bisa Merusak Kualitas Sperma, Bapak-bapak Wajib Tahu!

Buah yang ampuh memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok dimakan saat sahur lainnya ada di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com