4 Sayuran Ini Ampuh Turunkan Berat Badan, Ada Bayam hingga Brokoli

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 09 Apr 2022 05:07 WIB
Sayuran yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Brokoli

Sama seperti bayam, brokoli juga biasa dikonsumsi saat diet. Kedua ahli diet sangat merekomendasikn mengonsumsi brokoli karena paling padat nutrisi.

"Sayuran silangan ini kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Senyawa utama adalah sulforaphane, yang bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB dalam tubuh. Zat ini mendorong proses inflamasi. Dengan mengurangi peradangan, tubuh lebih mampu melepaskan berat badan," ungkap Trista Best.

"Brokoli juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dapat membantu menghilangkan lemak perut, termasuk vitamin C, kalsium, dan kromium," kata D'Angelo.

Diketahui klau vitamin C dibutuhkan ole tubuh untuk memetabolisme lemak menjadi energi. Sayuran ini juga tinggi karbohidrat yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

4. Wortel

Sayuran yang Ampuh Turunkan Berat BadanSayuran yang Ampuh Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Satu lagi makanan yang ampuh menurunkan berat badan, yaitu wortel. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang tak hanya menyehatkan mata, tapi juga membantu dalam menurunkan berat badan.

"Sayuran ini unik karena kemampuannya dalam membantu mengurangi lemak perut dan meningkatkn metabolisme tubuh," kata Best.

"Efek termogenik makanan (TEF) adalah tingkat kalori yang dibakar oleh makanan saat dicerna oleh tubuh. Karena wortel memiliki tekstur yang keras, wortel memiliki TEF tinggi dan karenanya menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori hanya dengan memakannya," sambungnya.

Baca Juga: Sebelahan Jual Ayam Geprek, Dua Penjual Ini Aksi Saingannya Bikin Adem



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)