Konsumi Kopi dengan Cara Ini Agar Tubuh Terhindar dari Inflamasi

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 07 Apr 2022 06:00 WIB
Minum Kopi untuk Cegah Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi termasuk minuman menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi secara tepat. Salah satu manfaatnya sebagai zat anti inflamasi tubuh. Begini cara konsumsinya!

Kopi merupakan minuman yang terbuat dari biji kopi, berwarna hitam pekat dengan cita rasa pahit. Meski pahit, kopi memiliki banyak penggemar. Bahkan, ada yang tak bisa lepas untuk mengonsumsi kopi setiap harinya.

Minuman ini bisa menyehatkan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain mengandung kafein, zat antioksidan yang terdapat di dalam kopi juga tinggi. Karenanya kopi baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan sebagai zat antiinflamasi yang dapat mencegah peradangan.

Minum Kopi untuk Cegah InflamasiMinum Kopi untuk Cegah Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!

Dilansir dari Eat This (2/4), agar tubuh terhindar dar inflamasi atau peradangan, salah satu caranya dengan mengonsumsi kopi hitam. Hal ini direkomendasikan oleh Lauren Manaker selaku ahli diet dan nutrisi.

"Jika kamu penikmat kopi, cara terbaiknya adalah mengonsumsi kopi hitam," ujar Manaker.

"Ini karena kopi secara alami memiliki kandungan zat anti inflamasi dan kandungan ini bisa dikonsumsi untuk membantu dalam mencegah peradangan yan kronis. Peradangan justru terjadi ketika mengonsumsi kopi dengan gula yang tinggi, lemak tinggi yang ditemukan dalam krimer, dan bahan lainnya," jelas Manaker.

Baca Juga: 5 Fakta Indomie di Luar Negeri, Beda Varian Rasa hingga Harganya

Minum Kopi untuk Cegah InflamasiMinum Kopi untuk Cegah Inflamasi Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi yang dapat mencegah inflamasi atau peradangan ini juga telah dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Medical Journal. Penelitian ini menemukan bahwa senyawa yang terkandung dalam kopi tak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, tapi juga terdapat zat antioksidan, antikanker, dan antifibrotik.

Karena kemampuan kopi yang dapat melawan peradanan, minuman ini juga terbukti membantu mengurangi penyakit tertentu. Seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition juga menjelaskan kalau minuman manis yang dikonsumsi teratur dapat meningkatkan risiko peradangan dan terserang penyakit kardiovaskular. Namun kalau kamu tak bisa mengonsumsi kopi yang pahit, bisa menambahkan pemanis alami seperti madu.

Baca Juga: So Sweet! Hyun Bin Belajar Resep dari Internet demi Buatkan Makanan Istrinya



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com