5 Kebiasaan Makan Buruk yang Harus Dihindari saat Berpuasa

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 06:00 WIB
Pola makan salah saat puasa
Foto: iStock

3. Minum Minuman Berkafein

Pola makan salah saat puasaPola makan salah saat puasa Foto: iStock

Ketika sahur, hindari kebiasaan minum minuman berkafein seperti teh dan kopi. Minuman berkafein bisa menghilangkan air dalam tubuh, sehingga terjadi dehidrasi.

Bukan hanya itu, minuman berkafein juga bisa membuat perut cepat lapar. Bagi orang yang sensitif, minum kopi dan teh juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Daripada minum minuman berkafein, sebaiknya perbanyak minum air putih. Air putih mampur mengembalikan kebutuhan cairan harian kamu. Hindari juga minum minuman manis berlebihan.

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Pilih Menu Sahur Anti Haus dan Lapar

4. Makan Terlalu Cepat

Perlu diketahui bahwa kira-kira otak membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit sebelum mengirimkan sinyal ke perut bahwa tubuh sudah kenyang.

Karenanya disarankan agar tidak makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat bisa mendorong tubuh untuk makan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal tersebut pernah diteliti oleh penelitian di Jepang. Para peneliti menemukan keterkaitan antara makan terlalu cepat dengan kelebihan berat badan.

5. Mengonsumsi Junk Food

Pola makan salah saat puasaPola makan salah saat puasa Foto: iStock

Jangankan saat berpuasa, di hari normal pun mengonsumsi junk food pun tidak disarankan. Junk Food mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan kelebihan kalori.

Selain itu, kandungan nutrisi pada junk food sangat rendah. Jika sahur dengan menu sahur, maka tubuh kita tidak akan memiliki energi untuk menjalani aktivitas selama puasa.

Terlalu banyak makan junk food juga bisa menyebabkan penyakit. Mulai dari obesitas, diabetes, penyakit jantung, kanker hingga keracunan makanan.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Telur Dadar Padang yang Gurih Renyah Padat Untuk Sahur


(raf/odi)