5 Kebiasaan Makan Buruk yang Harus Dihindari saat Berpuasa

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 06:00 WIB
Pola makan salah saat puasa
Foto: iStock
Jakarta -

Puasa berkaitan dengan kebiasaan makan. Agar tubuh tetap bugar meskipun sedang berpuasa, hindari beberapa kesalahan pada pola makan ini.

Puasa merupakan sebuah ibadah umat muslim kepada Allah SWT. Selain bentuk ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh sebab puasa berkaitan dengan pola makan.

Pola makan yang baik adalah makan secukupnya dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari kebiasaan pola makan buruk saat sahur dan berbuka puasa.

Misalnya pemilihan menu makanan yang tidak sehat dan porsi makan yang berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan makan buruk yang harus dihindari saat berpuasa:

1. Makan Berlebihan saat Berbuka

Pola makan salah saat puasaPola makan salah saat puasa adalah makan berlebihan Foto: iStock

Makan berlebihan tidak hanya dibenci Allah SWT, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan. Puasa seharian memang membuat lapar, tetapi tidak berarti kamu bisa makan berlebihan ketika buka.

Berbukalah dengan yang sederhana, seperti kurma. Kemudian berikan beberapa menit untuk perut memulai kembali bekerja sambil menunaikan salat Maghrib, lapor Egypt Today (03/04).

Setelah itu makanlah perlahan, bisa dengan menu sup hangat dan sayuran untuk memperlancar pencernaan. Hindari makan makanan yang digoreng untuk berbuka puasa.

Selain itu, hati-hati juga untuk memilih makanan penutup. Hindari makanan yang mengandung gula dalam jumlah tinggi. Sebaiknya makan beberapa gigitan 3 jam setelah buka puasa.

Baca Juga: Masakan Buatan Rumah yang Nikmat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Melewatkan Sahur

Pola makan salah saat puasaPola makan salah saat puasa Foto: iStock

Melewatkan makan sahur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan begitu, kamu akan merasa lelah dan lapar keesokan harinya. Ketika sahur pun harus memilih menu makanan yang sehat.

Pilihlah makanan yang mengandung protein, seperti susu dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang asin dan makanan pedas, sebab dua makanan tersebut menyebabkan kamu cepat haus.

Melakukan sahur tidak hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga bisa mendatangkan keberkahan. Ada banyak pahala yang didapat dari makan sahur apalagi dilakukan bersama.