ADVERTISEMENT

Rutin Konsumsi 6 Makanan Enak Ini Bikin Jantung Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 05:00 WIB
5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan
Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai organ vital, kesehatan jantung harus selalu diperhatikan. Melalui asupan makan yang tepat, pakar kesehatan menyarankan enam makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Jantung merupakan organ utama yang dibutuhkan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa jantung yang sehat dan kuat, aliran darah tidak akan bisa berjalan dengan sempurna.

Ketika jantung mengalami gangguan, maka hampir seluruh kesehatan dan kinerja organ tubuh akan terganggu. Sudah sepatutnya kesadaran akan menjaga kesehatan jantung menjadi hal yang paling utama.

Kesehatan jantung bisa dikendalikan melalui asupan nutrisi yang tepat. Ada beberapa makanan yang diungkapkan oleh pakar kesehatan mampu membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Bikin Pelanggan Sedih, 5 Restoran Legendaris Ini Terpaksa Tutup

Berikut ini 6 makanan enak untuk menjaga kesehatan jantung menurut Better Homes and Gardens:

Ilustrasi kacang meteKacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk menggantikan asupan protein hewani. Foto: Getty Images/iStockphoto/Anawat_s

1. Kacang-kacangan

Mengganti protein hewani yang tinggi kolesterol menjadi protein nabati sangat disarankan demi menjaga kesehatan jantung. Makanan nabati yang tinggi protein ini bisa didapat dari asupan berbagai jenis kacang-kacangan.

"Berbagai jenis kacang selain kacang-kacang yang hijau dikatakan memiliki kandungan serat yang tinggi dan protein tanpa lemak jenuh. Edamame dikatakan sebagai jenis kacang yang memiliki kandungan antioksidan bernama isoflavon yang menunjukkan adanya manfaat kardio-protektif yang baik untuk kesehatan jantung," kata Ashley Reaver selaku ahli gizi terdaftar.

2. Gandum utuh

Dibandingkan bahan makanan nabati lainnya, gandum utuh menjadi sumber serat yang dinilai paling baik. Gandum utuh bisa didapatkan melalui oatmeal, nasi merah, quinoa dan berbagai olahan gandum utuh lainnya.

Menurut Reaver, oatmeal memiliki serat larut yang bernama beta-glucan. Bentuk serat larut ini menjadi jenis serat yang dinilai paling efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol buruk.

Baca juga: Sisca Kohl Masak Nasi Padang Rp 13 Juta, Lauknya Ayam Kalkun hingga Wagyu A5



Simak Video "Bikin Laper: Steak Salmon yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT