ADVERTISEMENT

7 Sayuran untuk Diet Cepat Kurus, Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 06:00 WIB
Wortel mentah dan matang, lebih sehat mana?
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Saat sedang diet, kamu harus memperhatikan asupan makanan. Untuk sayuran, coba pilih 7 sayuran untuk diet cepat kurus ini. Konsumsinya bahkan dianjurkan ahli gizi.

Sayuran perlu dikonsumsi sehari-hari, termasuk saat diet. Konsumsi sayuran memungkinkan tubuh mengasup ragam vitamin, mineral, serat, dan lainnya.

Saat diet, ternyata ada beberapa sayuran yang sangat bagus dikonsumsi rutin. Daftar sayuran ini direkomendasikan ahli gizi karena rendah kalori dan tinggi kandungan serat serta air sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Berbagai penelitian juga menunjukkan manfaat lain dari konsumsi ragam sayuran untuk diet, termasuk untuk kelancaran sistem pencernaan dan pembakaran lemak. Semuanya bisa membantu proses diet lebih efektif.

Mengutip Eating Well (29/3/2022), ini 7 sayuran untuk diet cepat kurus yang bagus dikonsumsi rutin:

1. Kembang kol

Fakta Nasi Kembang Kol dan Cara MembuatnyaKembang kol bisa jadi alternatif 'nasi' yang lebih rendah kalori dan bagus untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto

Kembang kol adalah jenis sayuran silangan yang sangat bagus untuk diet. Selain dimakan langsung, kembang kol kini banyak diolah sebagai 'nasi' hingga 'roti pizza' yang lebih sehat.

Satu cangkir kembang kol yang sudah dipotong-potong hanya mengandung 27 kkal. Kandungan serat dan proteinnya, masing-masing 2 gram. Ahli gizi Elysia Cartlidge menyebut kembang kol adalah sayuran mengenyangkan dan bersifat serba guna dalam pengolahannya. Bonus lainnya, rasa kembang kol tergolong netral sehingga bisa dipadukan dengan atau menjadi ragam makanan.

2. Alpukat

Alpukat secara teknis memang buah, tapi ahli gizi merasa penting untuk memasukkan alpukat ke dalam daftar sayuran untuk diet cepat kurus karena memiliki sifat pembakar lemak. Hal ini mungkin bertentangan dengan kandungan lemak dalam alpukat, tapi lemak pada alpukat adalah jenis yang sehat.

Lemak tak jenuh tunggal pada alpukat bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama karena dicerna perlahan oleh tubuh. Ahli gizi Christa Brown mengatakan, "Menurut penelitian terbaru, makan setengah buah alpukat bantu mengurangi lemak perut secara keseluruhan." Setengah buah alpukat mengandung 120 kkal, serat 5 gram, dan protein 1,5 gram.

3. Kubis

Daun KubisKubis bagus untuk diet karena rendah kalori dan tinggi serat. Foto: iStock

Kubis atau kol juga bagus dikonsumsi rutin untuk menurunkan berat badan karena sifatnya yang rendah kalori dan tinggi serat, ujar ahli gizi Jinan Banna. Bonus lainnya, kubis bersama sayuran silangan lainnya mengandung fitonutrien ampuh yang mencegah inflamasi dan kanker.

Per cangkir kubis hanya mengandung 22 kkal dan 5 gram karbohidrat. Mengonsumsinya juga aman untuk penderita diabetes. Kubis bisa diolah menjadi ragam sajian enak, seperti tumisan atau dijadikan isian sandwich. "Bisa juga difermentasi jadi kimchi yang menyehatkan usus," kata Banna.

4. Zucchini

Sering disamakan dengan mentimun, inilah zucchini yang juga sayuran untuk diet cepat kurus. Ahli gizi Anya Rosen menjelaskan zucchini adalah sumber serat dan nutrisi yang kandungan kalorinya sangat sedikit.

Satu cangkir zucchini iris hanya mengandung 20 kkal dan total karbohidrat 3.5 gram. "Rasanya juga netral sehingga bisa dipadukan dengan aneka bahan, baik manis atau gurih. Kamu bisa memarutnya sebagai isian oatmeal atau mengolahnya jadi campuran smoothies," kata Rosen.

Lihat lagi halaman selanjutnya untuk tahu sayuran untuk diet cepat kurus.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT