Mengenal Pola Diet Volumetrik, Tetap Kenyang Saat Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood
Minggu, 27 Mar 2022 06:00 WIB
Pola Diet Volumetrik
Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen
Jakarta -

Sangat banyak pola diet yang ditawarkan untuk program penurunan berat badan. Termasuk pola diet volumetrik yang membuat perut tetap kenyang.

Setiap pola diet memiliki ciri khas khusus, seperti misalnya diet intermittent fasting yang melarang pelaku diet makan malam hingga pagi hari. Kemudian ada juga diet tinggi protein yang mengharuskan konsumsi makanan tinggi protein namun sedikit karbo.

Apapun pola dietnya, hampir seluruhnya menawarkan hasil untuk menurunkan berat badan. Namun untuk orang yang ingin diet nyaman, kamu bisa mencoba diet volumetrik. Ketika menjalani diet ini, kamu akan tetap merasa kenyang dan tidak tersiksa karena rasa lapar.

Pola Diet VolumetrikPola Diet Volumetrik Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Dilansir dari Eating Well (25/3) diet volumetrik bertujuan untuk mengurangi rasa lapar dengan berfokus pada makanan padat nutrisi. Sehingga pelaku diet volumetrik bisa tetap kenyang dengan makanan yang rendah kalori.

Berikut pola diet volumetrik yang bisa jadi pilihan diet untuk menurunkan berat badan:

1. Mengenal diet volumetrik

Diet volumetrik diciptakan oleh Barbara Rolls, Ph.D., seorang profesor, peneliti dan direktur Laboratorium untuk Studi Perilaku Pencernaan Manusia di Penn State University. Barbara Rolls juga menulis buku seputar diet volumetrik 'The Ultimate Volumetrics Diet: Smart, Simple, Science-Based Strategies for Losing Weight and Keep It Off'.

Tujuan pola diet ini adalah untuk merasa kenyang dengan asupan sedikit kalori. Caranya yakni makan makanan rendah kalori namun tinggi nutrisi. Beberapa diantaranya berupa buah-buahan dan sayuran.


Diet ini tidak mengharuskan menghitung jumlah kalori atau gram makronutrien seperti lemak, karbohidrat atau protein. Diet ini terbilang simpel namun tetap harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Makan makanan padat kalori

Saat menjalani diet ini kamu bisa makan dalam jumlah banyak asalkan jenis makanannya padat kalori. Makanan jenis ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga menurunkan risiko lapar.

Misalnya, 5 cangkir popcorn dan 15 keping keripik kentang sama-sama memiliki sekitar 160 kalori. Kamu dapat memilih popcorn karena jumlahnya lebih banyak namun kalorinya sama dengan keripik kentang. Hal inilah yang membuat pola diet ini disebut diet volumetrik.