3 Tips Racik Smoothies untuk Menggempur Lemak Perut

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 29 Mar 2022 06:00 WIB
Tips Meracik Smoothies untuk Diet
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Smoothies baik dikonsumsi saat menjalani diet. Minuman yang terbuat dari sayur dan buah ini bisa melunturkan lemak. Kalau ingin meraciknya, ikuti 3 tips berikut!

Smoothies merupakan minuman sehat yang terbuat dari racikan buah dan sayuran segar. Ada juga smoothies yang dicampurkan susu, oatmeal, dan biji chia. Minnuman sehat ini biasa dikonsumsi saat diet, karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari Eat This (26/3), ahli diet Lauren Manker menjelaskan kalau smoothies dapat membantu orang dalam mengonsumsi sayuran dan buah. "Smoothies dapat membantu orang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur dengan cara yang praktis," katanya.

Smoothies terbuat dari sayuran dan buah yang mengandung nutrisi penting. Seperti vitamin, mineral, dan serat. Kalau ingin berat badan turun, jangan menambahkan banyak gula ke dalam racikannya.

"Smoothies sangat bisa mendukung penurunan berat badan, asalkan diracik dengan bahan yang sehat dan cocok untuk diet," jelas Manaker.

Baca Juga: 3 Resep Lauk Kering yang Gurih Pedas untuk Stok Lauk Sahur

Berikut 3 tips meracik smoothies untuk melunturkan lemak perut.

1. Gunakan Bahan yang Kaya Nutrisi

Tips Meracik Smoothies untuk DietTips Meracik Smoothies untuk Diet Foto: Getty Images/iStockphoto/

Bagi pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, ada beberapa komponen utama yang direkomendasikan untuk membuat smoothie sehat. Manaker menjelaskan kalau hanya menggunakan buah-buahan, jadinnya malah menambah terlalu banyak kalori. Sehingga berat badan tidak dapat turun dengan siginifikan.

Selain buah, Manaker merekomendasikan untuk memasukkan bahan makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat. "Smoothies yang kamu racik tak hanya segar, tapi juga harus membantu orang kenyang lebih lama," ujar Manaker.

Bahan makanan yang sebaiknya ditambahkan adalah selai kacang, protein nabati, hingga rempah yang bermanfaat melunturkan lemak. Contohnya kamu bisa meracik buah pisang dengan susu almond dan tambahan oatmeal.

2. Perhatikan Porsinya

Minum smoothies secara rutin selama satu minggu berpotensi dalam mendukung turunnya berat badan yang konsisten. Namun, kamu harus memerhatikan porsi smoothies yang dikonsumsi setiap hari.

"Sebagian orang tidak mennyadari bahwa smoothies yang mereka minum sebenarnya adalah 2-3 porsi, artinya berlebihan untuk dikonsumsi," ucap Manaker.

Untuk melunturkan lemak perut, sebaiknya ukur terlebih dahulu porsi smoothies yang akan dibuat. "Ukurlah porsi smoothies untuk memastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan," jelasnya.

Manaker juga menyarankan untuk mengukur setiap kalori dari bahan yang akan diracik menjadi smoothies. Termasuk buah-buahan, selai kacang, bahan cair (air atau susu), sayuran, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan Setelah Berhenti Makan Daging



Simak Video "Bikin Laper: Resto Baru Bernuansa Bali di Serpong, Makanannya Juara!"
[Gambas:Video 20detik]