ADVERTISEMENT

Jika Rutin Dikonsumsi 4 Makanan Ini Bisa Picu Jerawat dan Kulit Kering

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 07:01 WIB
Makanan yang Dapat Picu Masalah Kesehatan Kulit. Seperti Penuaan Dini dan Jerawat.
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Makanan yang tidak sehat bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan kulit jika dikonsumsi rutin. Membuat kulit kering, berjerawat atau keriput.

Kulit termasuk bagian tubuh yang sering bermasalah. Dalam menjaga kesehatannya, banyak orang melakukan perawatan menggunakan produk kecantikan. Selain itu, bisa juga dengan mengatur pola hidup yang sehat dan mengganti asupan makanan.

Dilansir dari Eat This (24/3), ada 4 makanan yang justru dapat memperburuk kondisi kulit kalau dikonsumsi secara rutin. Makanan tersebut bisa menimbulkan jerawat hingga membuat kulit kering.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Kulit agar Glowing dan Bercahaya, Konsumsi Rutin ya!

Berikut 4 makanan yang dapat memicu jerawat dan kulit kering.

1. Makan Karbohidrat Olahan Bikin Kulit Iritasi

Makanan yang Dapat Picu Masalah Kesehatan Kulit. Seperti Penuaan Dini dan Jerawat.Makanan yang Dapat Picu Masalah Kesehatan Kulit. Seperti Penuaan Dini dan Jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto

Karbohidrat terbagi dalam dua kategori, yaitu utuh dan olahan. Salah satu makanan yang termasuk dalam karbohidrat olahan adalah roti tawar. Selain roti tawar, makanan yang termasuk karbohidrat olahan adalah sereal, biskuit, pasta, mie, dan lainnya.

Seorang ahli kulit Dr. Michele Green mengungkapkan ada bukti yang menunjukkan bahwa karbohidrat olahan dapat mengiritasi kulit. "Orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat," katanya.

Makanan karbohidrat olahan yang dikonsumsi secara teratur dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat drastis. Hal ini memberikan sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak minyak, kemduian mengarah pada timbulnya jerawat.

2. Minum Susu Sapi Bisa Memperburuk Jerawat

Makanan yang Dapat Picu Masalah Kesehatan Kulit. Seperti Penuaan Dini dan Jerawat.Makanan yang Dapat Picu Masalah Kesehatan Kulit. Seperti Penuaan Dini dan Jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau ingin kulit wajah mulus tanpa jerawat, ada minuman yang harus dihindari. Yaitu susu sapi yang mengandung sejumlah laktosa. Laktosa merupakan gula alami dan karbohidrat utama dalam susu sapi.

Kandungan laktosan ini dapat menyebabkan kulit berjerawat. Untuk mereka yang sudah berjerawat, kondisinya akan semakin parah kalau dikonsumsi rutin.

Baca Juga: Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan di Jaksel, Mana Paling Gurih Juicy?



Simak Video "Bikin Laper: Kulit Ayam Goreng Krispi ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT