7 Makanan untuk Kulit agar Glowing dan Bercahaya, Konsumsi Rutin ya!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 15:00 WIB
7 Makanan untuk Kulit agar Glowing dan Bercahaya, Konsumsi Rutin ya! Foto: Getty Images/iStockphoto/MarsBars
Jakarta -

Bukan hanya produk perawatan kulit, asupan makanan juga berperan penting untuk kesehatan kulit. Berikut makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapat kulit glowing dan bercahaya.

Selain bentuk badan yang ideal, kondisi kulit yang sehat juga akan menunjang penampilan. Menjaga kesehatan kulit bukan dengan memakai produk perawatan saja, melainkan juga dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Kesehatan kulit bisa didapat dari rutin konsumsi buah, sayuran serta makanan sehat tinggi nutrisi lainnya. Misalnya melalui buah, sayuran serta makanan yang tinggi akan vitamin E, C dan kolagen.

Menjaga kesehatan kulit melalui asupan makanan juga penting fungsinya selain dengan produk-produk kecantikan. Tidak hanya mendapatkan kesehatan kulit saja, tetapi seluruh tubuh juga akan mendapatkan manfaat sehat dari hal ini.

Mengutip dari The Every Girl (20/8), berikut 7 makanan untuk kulit agar glowing dan bercahaya:

1. Alpukat

7 Makanan untuk Kulit agar Glowing dan Bercahaya, Konsumsi Rutin ya!7 Makanan untuk Kulit agar Glowing dan Bercahaya, Konsumsi Rutin ya! Foto: Getty Images/iStockphoto/MarsBars

"Alpukat mengandung lemak sehat yang menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembab," kata ahli gizi Valerie Agyeman.

Selain lemak sehat yang bermanfaat, alpukat juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C, E dan karotenoid. Kandungan ini mampu menjaga kulit dari bahaya kerusakan akibat radikal bebas.

2. Tomat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Newcastle University menemukan bahwa makan 5 sendok makan pasta tomat per hari dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV. Manfaat ini didapatkan dari kandungan likopen tomat yang sangat baik.

Sinar UV bukan hanya dapat meningkatkan risiko kanker kulit, tetapi juga memicu penuaan dini. Rutin makan tomat setidaknya 5 sendok makan sehari akan cukup untuk menangkal kerusak yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari agar Kulit Sehat dan Glowing

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com