10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 24 Nov 2020 06:00 WIB
10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing Foto: Getty Images/GMVozd
Jakarta -

Kulit yang mulus dan sehat bisa mendukung penampilan. Nutrisi dalam makanan berperan untuk dapatkan kulit mulus dan glowing.

Gaya hidup termasuk asupan makanan berperan penting bagi kesehatan kulit. Kebiasaan merokok dan makan fast food berlebihan bisa pengaruhi kondisi kulit. Cepat keriput atau alami penuaan dini.

Sebaliknya faktor keturunan dan perawatan dari luar melalui skincare juga bisa membuat kulit sehat. Idealnya menurut para peneliti, ada perawatan dari luar dan asupan makanan bernutrisi untuk kulit juga harus tetap dijaga.

Menurut rekomendasi eatthis.com (18/11) untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing bisa rutin konsumsi 10 makanan ini.

1. Tomat yang sudah dimasak

Kandungan lycopene yang memberikan warna merah pada tomat ini merupakan kolagen yang sangat baik untuk kekenyalan kulit. Tomat juga memiliki kandungan yang dapat melawan efek oksidasi akibat sinar UV dengan cara melawan radikal anti aging.

Berdasar pada penelitian British Journal of Dermatology ditemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi setidaknya 5 sendok makan pasta tomat menunjukkan 33% lebih terjaga dari efek terbakar sinar matahari dibandingkan yang lainnya.

Pasta tomat yang sudah dimasak lebih bagus untuk kulit dibandingkan yang segar. Ini karena proses memasak akan menaikkan kadar lycopen. Jadi sebaiknya konsumsi saus tomat atau tomat pasta daripada tomat segar.

Baca Juga: 15 Makanan Enak yang Bisa Bikin Kulit Sehat dan Cerah

2. Wortel

10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing Foto: Getty Images/GMVozd

Bukan hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan kulit. Wortel mengandung banyak vitamin A dan beta-karoten.

Vitamin A dan beta-karoten merupakan antioksidan yang berfungsi melawan produksi sel berlebih pada kulit. Kandungan tersebut baik untuk menghilangkan sel kulit mati juga melindungi dan mengurangi perkembangan sel-sel kanker kulit.

3. Ubi Jalar

Penelitian pada jurnal 'Evolution and Human Behaviour' menunjukkan bukti bahwa pola makan kaya akan buah dan sayuran memberikan efek yang lebih sehat, atraktif, dan bercahaya pada kulit.

Ubu jalar merupakan makanan kaya vitamin A. Hanya dalam setengah buah ubi ukuran sedang sudah terkandung 200% kebutuhan karotenoid harian. Karotenoid ini berguna untuk melawan memperkuat daya tahan tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com