ADVERTISEMENT

Ingin Tidur Lelap Malam Ini? Konsumsi 7 Makanan Ini Sebelum Tidur

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 19:30 WIB
Makanan yang bisa membuat tidur nyenyak
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang mengalami gangguan tidur. Padahal dengan konsumsi makanan kaya serotonin sebelum tidur, kamu bisa tidur lebih lelap.

Di masa pandemi semakin banyak orang mengalami sulit tidur. Tentu saja kualitas tidur yang buruk akan mengganggu aktivitas. Tubuh lemas dan kurang konsentrasi. Dalam jangka panjang akan berakibat pada gangguan kesehatan.

Untuk membuat tidur lebih nyenyak secara alami, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serotonin. Zat yang bisa mengendurkan otot dan mendatangkan hormon kantuk.

Berikut 7 makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur untuk membuat tidur lebih lelap:

1. Susu

Makanan yang bisa membuat tidur nyenyakSusu bisa membuat tidur nyenyak Foto: iStock

Tahukah kamu bahwa secangkir susu hangat bisa membantu kamu agar tidur lebih nyenyak. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi susu sapi, susu kambing ataupun susu almond.

Beberapa penelitian menemukan bahwa minum susu 30 menit atau 1 jam sebelum tidur, bisa membuat orang cepat tidur. Itu karena susu mengandung zat melatonin yang bisa membuat tubuh dan pikiran rileks.

Baca Juga: Tidur Tak Nyenyak Selama WFH? Atasi dengan 4 Makanan Enak Ini

2. Pisang

Buah pisang juga baik dikonsumsi saat malam hari, terutama saat mendekati waktu tidur. Buah berkulit kuning ini kaya akan magnesium dan potasium yang bisa mengendurkan otot-otot.

Dengan begitu, tubuh akan merasa lebih rileks. Bukan hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang berperan mengubah triptofan menjadi serotonin sehingga bisa hilangkan stres.

3. Almond

Makanan yang bisa membuat tidur nyenyakAlmond bisa membuat tidur nyenyak Foto: iStock

Kacang almond merupakan superfood yang banyak khasiatnya, salah satunya dapat membantu tidur lebih nyenyak. Kacang jenis ini juga mengandung magnesium dan triptofan.

Dua nutrisi tersebut dapat membantu mengendurkan otot dan fungsi saraf. Menurut peneliti, makan pisang dan kacang almond bersamaan juga merupakan ide yang bagus. Kamu bisa mengonsumsi almond panggang sebagai camilan.

3. Teh Chamomile

Teh herbal sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Teh herbal yang dimaksud adalah teh tanpa kandungan kafein. Kamu bisa memilih untuk meminum teh chamomile.

Teh chamomile dapat membantu menenangkan saraf dan menurunkan ketegangan dalam tubuh. Selain itu, teh chamomile juga dapat menghidrasi tubuh dan memperlancar sistem pencernaan di usus.

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT