Tidur Tak Nyenyak Selama WFH? Atasi dengan 4 Makanan Enak Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 19 Mei 2020 18:30 WIB
makanan tidur nyenyak Foto: istimewa
Jakarta -

Tidur yang tidak nyenyak dapat berpengaruh pada produktivitas saat melakukan kerja di rumah. Hal itu dapat diatasi dengan mengatur pola makan yang sehat.

Selama masa PSBB, para pekerja dianjurkan untuk melakukan pekerjaan di rumah atau work from home (WFH). Sayangnya, WFH justru membuat sebagian orang kurang tidur sehingga berpengaruh pada produktivitas ketika bekerja.

Seorang terapis tidur asal Sydney, Australia, Olivia Arezzolo memberikan daftar makanan yang dapat membuat tidur nyenyak. Bisa jadi menu berbuka dan sahur juga. Berikut daftarnya.

1. Telur

makanan tidur nyenyakmakanan tidur nyenyak Foto: istimewa


Menurut terapis, telur kaya akan asam lemak omega dan protein, sehingga telur dapat memberikan energi untuk tubuh tanpa gula. Mengonsumsi telur memungkinkan kamu tetap fokus selama WFH.

Beberapa cara terbaik untuk makan telur adalah dengan mengolahkan menjadi telur dadar dicampur jamur atau telur orak-arik dicampur bayam yang akan memberikan zat besi untuk membuat tidur terasa nyenyak.

Baca Juga : Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu Mengatasinya


2. Ikan laut

makanan tidur nyenyakmakanan tidur nyenyak Foto: istimewa


Mengonsumsi ikan kaya lemak juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3, protein dan vitamin B6, yaitu asupan yang diperlukan untuk mempengaruhi hormon tidur.

Ikan laut seperti ikan salmon, tuna dan ikan sarden bisa jadi pilihan. Hal ini pernah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi ikan berminyak dapat meningkatkan kebahagian yang akan berpengaruh pada kualitas tidur.

3. Smoothies

makanan tidur nyenyakmakanan tidur nyenyak Foto: istimewa


Smoothie merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan ampuh sebagai relaksasi. Olivia menganjurkan untuk membuat smoothie dari bahan seperti bubuk protein nabati, pisang, susu, bayam, buah berry dan buah alpukat.

Campuran smoothie tersebut sangat tinggi akan protein dan magnesium yang akan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. Mengonsumsi smoothies juga akan membuat kamu kenyang lebih lama lagi, sehingga kamu tidak merasa lemas ketika bekerja.

4. Cookies Gandum

makanan tidur nyenyakmakanan tidur nyenyak Foto: istimewa


Menurut Olivia untuk membuat tidur lebih nyenyak, kamu tidak harus menghindari makanan manis sepenuhnya. Ada juga makanan manis yang justru bisa meningkatkan kualitas tidur, yaitu cookies yang terbuat dari gandum.

Kandungan protein pada gandum dapat mempengaruhi produksi insulin atau hormon penyimpan energi yang akan meningkat, sehingga membuat tubuh berenergi dan ketika istirahat akan mendapatkan tidur yang nyenyak, karena meningkatkan gula darah secara alami untuk membuat kamu mengantuk.

Baca Juga : Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)