Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu Mengatasinya

Devi Setya - detikFood Rabu, 20 Des 2017 14:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Makan siang mengenyangkan dan udara dingin kantor bikin ngantuk berat. Coba siasati dengan cara-cara gampang ini.

Seolah seperti hal yang otomatis terjadi pada tubuh, beberapa saat usai makan, mata terasa sangat berat. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Usai makan, pankreas dalam tubuh akan menghasilkan insulin yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Reaksi ini menghasilkan hormon tidur yang diubah dalam serotonin dan melatonin di otak manusia sehingga menimbulkan efek kantuk.

Agar usai makan siang tubuh tetap bisa aktif dan produktif, lakukan 7 tips berikut yang dilansir Food Ndtv (19/12) ini.

1. Jangan duduk santai, lakukan jalan ringan
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: thinkstock
Usai menyantap makan siang, jangan langsung duduk di kursi kerja. Lakukan aktifitas ringan seperti berjalan atau menaiki tangga. Hal ini membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

2. Mengunyah permen karet
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: iStock
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physsiology and Behaviour, permen karet berperan mengurangi kelelahan dan menambah tingkat kewaspadaan. Kunyah permen karet setidaknya selama 5 menit untuk perasaan yang lebih berenergi.

3. Minum banyak air putih
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: iStock
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, mood jelek dan sulit berkonsentrasi. Pastikan Anda cukup minum air sepanjang hari.

Baca juga : Ini Alasan Ilmiah Mengapa Mengantuk Setelah Makan dan Cara Menghindarinya

4. Makan makanan sehat
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: iStock
Nutrisi dalam makanan dicerna dengan cepat dalam tubuh sehingga mempengaruhi gula darah. Hal ini mempengaruhi fisik dalam beraktifitas. Pilih menu makanan sehat untuk makan siang. Anda bisa memilih sayuran hijau, protein tanpa lemak seperti daging non fat, ikan dan telur serta konsumsi biji-bijian dan kacang polong.

5. Makan sesuai porsi
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: Istimewa
Kekenyangan bisa memberikan efek lesu dan lemas. Belum lagi perut yang terlalu penuh bisa menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman. Agar tidak merasa terlalu kenyang, kenali porsi makan Anda dan makan secukupnya.

6. Hindari gula dan lemak
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: iStock
Gula memang bisa memberikan energi instan dalam tubuh tetapi efeknya tidak bertahan lama lalu kemudian membuat Anda merasa lelah. Jadi jangan makan makanan manis terlalu banyak saat makan siang.

7. Catat konsumsi makanan
Ngantuk Berat Usai Makan Siang? Lakukan 7 Cara Jitu MengatasinyaFoto: Thinkstock
Lacak dan catat makanan apa saja yang membuat Anda merasa ngantuk usai makan siang. Dengan cara ini Anda bisa menghindari jenis makanan yang mengundang kantuk. Ini bisa jadi salah satu solusi agar Anda tetap bugar dan produktif usai makan siang.

(dvs/odi)