8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 19:30 WIB
8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak Foto: iStock
Jakarta -

Makanan dan minuman yang kamu pilih bisa menentukan kualitas tidur. Pilihlah asupan yang dapat meningkatkan melatonin dalam tubuh agar bisa tidur lebih nyenyak.

Melatonin adalah hormon alami dalam tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Jika kualitas tidurmu buruk, bisa jadi melatonin dalam tubuhmu juga sedikit.

Meningkatkan hormon tidur ini bisa dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang dikemas dengan antioksidan. Mulai dari flavonoid, asam amino, vitamin B6 dan lainnya yang dapat memaksimalkan melatonin.

Dilansir dari Pinkvilla (04/06) berikut 8 makanan dan minuman agar kamu tidur nyenyak:

Baca Juga : Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

1. Almond

kacang almond8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak Foto: iStock

Almond baik dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Almond mengandung melatonin dengan jumlah yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatur siklus tidur dan bangun.

2. Susu Hangat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa susu hangat adalah obat yang paling mujarab untuk tidur nyenyak di malam hari. Kamu bisa mencampurkan susu hangat tersebut dengan kunyit bubuk.

Racikan tersebut dapat membuat sistem pencernaan lebih baik dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu karena susu mengandung senyawa penting yang berperan untuk mengatur pola tidur.

3. Teh Chamomile

Glass cup of green camomile tea and wild herbs on the rustic wooden background. Herbal organic tea as wellness and relax concept8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak Foto: iStock

Teh Chamomile adalah teh artisan yang terbuat dari campuran bunga chamomile. Racikan teh ini sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati insomnia. Teh Chamomile mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Walnut

Walnut juga dikenal sebagai makanan untuk meningkatkan kualitas tidur. Walnut mengandung beberapa senyawa yang membantu meningkatkan melatonin, serotonin dan magnesium. Walnut bisa kamu jadikan camilan sehat sebelum tidur.

5. Pisang

6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan Pisang8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak Foto: iStock

Pisang dikemas dengan potasium dan magnesium yang berperan untuk mengendurkan otot. Bukan hanya itu, pisang juga mengandung asam amino L-tryptophan yang diubah menjadi 5-HTP di otak.

5-HTP tersebut kemudian diubat menjadi serotonin yang merupakan neurotransmitter yang menenangkan. Jadi, makan pisang sebelum tidur dapat meningkat kualitas tidur, sehingga lebih nyenyak.

6. Kiwi

Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah kiwi merupakan makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Buah kiwi mengandung senyawa penambah tidur, yaitu Melatonin Anthocyanin Flavonoid Karotenoid Kalium Magnesium Folat Kalsium.

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu mengalami peningkatan waktu tidur dan lebih efisien.

7. Selada

Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah?8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Tidur Nyenyak Foto: Getty Images/iStockphoto/RainStar

Selada dapat mengatasi insomnia dan dapat mengobati dan meningkatkan kualitas tidur. Hal itu telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyebut bahwa selada memiliki efek sedatif-hipnosis ringan.

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2017, para ahli menyimpulkan bahwa selada juga dapat melindungi sel-sel peradangan dan kerusakan akibat stres selama gangguan tidur.

8. Ikan Laut

Ikan baik untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kualitas tidur. Ikan laut dikemas dengan vitamin B6 dan asam lemak omega-3 yang berlimpah.

Misalnya mulai dari salmon, tuna, atau ikan makarel. Mengonsumsi ikan laut dapat membantu memaksimalkan produksi melatonin, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur sekaligus menenangkan otot dan syaraf tubuh yang tegang.

Baca Juga : 7 Makanan Penyebab Sulit Tidur, Hindari Konsumsinya Tengah Malam



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Bakar Taliwang Jurang Mangu yang Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com