Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Riska Fitria - detikFood Kamis, 29 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur pengaruhi kualitas tidur Anda. Biar tidur lebih lelap, cobalah konsumsi makanan ini.

Susah tidur atau kualitas tidur kurang baik ternyata dapat dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan ini. Makanan-makanan ini mengandung antioksidan yang berperan mempengaruhi hormon pada otak sehingga membuat tidur menjadi berkualitas. Seperti dilansir dari Asia One (23/80 berikut 6 makanan yang membuat tidur Anda lebih lelap.

1. Susu
Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih NyenyakFoto: iStock

Minum susu sebelum tidur, dipercaya bisa membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Itu lantaran susu mengandung triptofan dan asam amino yang dapat meningkatkan produksi melatonin.

Melatonin adalah hormon yang terletak pada otak yang mengatur tidur. Selain itu juga ada kandungan kalsium yang berperan membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin tersebut.

2. Pisang
Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih NyenyakFoto: Istimewa

Pisang merupakan sumber serat, nutrisi dan energi yang baik. Mengkonsumsi pisang juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain mengandung triptofan, pisang juga mengandung magnesium yang membantu menjaga kadar GABA yang sehat.

GABA adalah hormon otak yang menghambat reaksi-reaksi dan tanggapan neurologis yang tidak menguntungkan. Karenanya dengan mengonsumsi pisang, tubuh Anda mendapat kualitas tidur yang baik.

Baca Juga : Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Tidur

3. Nasi Putih
Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih NyenyakFoto: iStock

Nasi putih dinilai lebih rendah serat, nutrisi dan antioksidan. Namun, nasi putih tinggi akan karbohidrat. Karbohidrat yang tinggi dan serat yang rendah berarti indeks glikemik menjadi tinggi. Indeks glikemik berperan untuk menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan gula darah.

Karenanya disarankan mengonsumsi nasi putih sebelum tidur, tetapi dalam jumlah yang sedang. Atau Anda juga bisa mengganti dengan mengkonsumsi oatmeal yang tinggi karbohidrat dan mengandung melatonim.

4. Kiwi
Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih NyenyakFoto: Istimewa

Buah segar berwarna hijau ini juga disarankan untuk dikonsumsi di waktu sebelum tidur. Kiwi diketahui rendah kalori dan mengandung sejumlah vitamin C dan K dalam jumlah yang banyak, antioksidan dan karotenoid yang dapat melawan peradangan dan membantu kualitas tidur. Selain itu kualitas tidur akan lebih baik karena adanya kandungan serotonim di dalamnya.

5. Teh Chamomile

Teh bunga yang beraroma wangi ini enak dihirup hangat. Kandungannya dipenuhi dengan flavones yaitu zat antioksidan yang mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu juga mengandung apigenim yang dapat mengurangi insomnia di kala malam hari tiba. Teh bunga ini juga dapat mengurangi risiko depresi yang berhubungan dengan masalah tidur.

6. Almond
Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih NyenyakFoto: Australia Plus ABC

Almond merupakan sumber antioksidan terbaik. Juga mengandung serat dan kandungan nutrisi lain seperti fosfor, mangan dan riboflavin. Kandungan melatonim dan magnesium di dalamnya dapat mendukung hormon untuk mengatur waktu tidur menjadi lebih baik.

Magnesium digunakan untuk mengobati insomnia karena meningkatkan jumlah GABA, mendorong waktu tidur dan relaksasi, juga mengurangi hormon stres kortisol yang dapat mengganggu tidur.

Baca Juga : 10 Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak (1)

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)