Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Tidur

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 05 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak hal yang dapat sebabkan gangguan tidur di malam hari. Terutama makanan yang dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur.

Beda jenis makanan, beda pula efek yang dihasilkan pada tubuh. Seperti halnya jika makan es krim di malam hari justru akan membuat perut sakit setelah mengonsumsinya. Ini menjadikan beberapa makanan sebaiknya dihindari agar bisa tidur dengan nyenyak.

Jika makanan yang Anda konsumsi tidak diperhatikan ketika hendak tidur, maka Anda akan sering terbangun di malam hari entah untuk sekedar minum air putih atau buang air yang menjadikan pola tidur terganggu.

Dikutip dari Food Network, berikut makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi jika ingin tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Wanita Ini Tak Bisa Berhenti Makan bahkan Saat Terlelap Tidur

Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum TidurFoto: Istimewa

1. Pizza

Anda tentu menyukai makanan asal Italia ini. Makan pizza pada malam hari memang sangat menggoda, tetapi hindari jika Anda ngidam pizza sebelum tidur. Saus tomat yang asam pada pizza dapat membuat Anda sakit perut saat tengah malam.

Selain itu, makan pizza pada saat makan malam akan menambah banyak kalori yang tidak Anda butuhkan. Pasalnya pizza sendiri disajikan dengan berbagai macam topping atau bahkan tambahan ekstra keju.

2. Kopi

Kopi memang sangat cocok dinikmati saat bersantai dan mengobrol bersama teman. Namun jika meminumnya di malam hari, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga membuat Anda gelisah dan cemas. Ditambah Anda akan kesulitan untuk tertidur. Tetapi jika Anda tetap menginginkan kopi, cobalah untuk konsumsi paling lambat enam jam sebelum tidur.

Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum TidurFoto: Istimewa

3. Sereal manis

Tidak masalah jika Anda ingin memakan sereal sebelum tidur, namun usahakan agar sereal tersebut adalah yang rendah gula dan kaya akan serat. Hindari sereal manis karena akan dicerna langsung oleh tubuh, sehingga dapat menghambat produksi hormon tidur Anda.

4. Makanan pedas

Makanan pedas tentu akan mengganggu Anda saat sedang tidur. Makanan yang mengandung banyak capsaicin atau senyawa yang membuat cabai pedas justru sebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan. Hal ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi di malam hari.

Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum TidurFoto: Istimewa

5. Soda

Soda mengandung sangat banyak sekali asam. Asam dalam soda dapat merusak katup antara perut dengan esofagus. Selain itu karbonasi dapat meningkatkan tekanan di perut yang dapat menyebabkan perut mulas. Bahkan soda juga penuh dengan gula, dan gula tersebut dapat menyebabkan tidur Anda kurang nyenyak.

6. Wine

Dengan minum satu atau dua gelas wine mungkin akan membuat Anda cepat mengantuk. Namun ternyata jika Anda mengonsumsi wine secara teratur, terutama sebelum tidur maka dapat memperburuk kualitas tidur Anda. Atau bahkan akan membuat Anda terbangun tengah malam.

Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum TidurFoto: iStock

7. Jus jeruk

Jus jeruk tentu terasa segar jika dikonsumsi sebelum tidur, namun buah jeruk sangat asam sehingga dapat menjadi masalah jika Anda mengalami kandung kemih yang sensitif. Cobalah makan sepotong buah utuh, seperti apel, sebagai gantinya. Karena karbohidrat dapat membantu tidur Anda, sementara serat membantu Anda menyerap gula lebih lambat.

8. Burger

Burger mudah didapatkan dan mudah juga untuk dimakan. Tetapi burger mengandung lemak jenuh tinggi, dan makanan yang mengandung lemak itu membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, yang akan mengganggu kualitas tidur Anda. Lemak jenuh juga akan membuat Anda tetap terjaga. Tubuh menjadi lelah karena tidak bisa fokus untuk mendapatkan istirahat yang semestinya.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Perlu Dihindari Agar Tak Kekenyangan di Resto AYCE

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)