Pria Wajib Tahu, Makanan Tinggi Protein Ternyata Bikin Sperma 'Loyo'

Devi Setya - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 05:00 WIB
ilustrasi penis pria mengalami ereksi
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak pria memilih makanan sehat demi kesehatan sperma. Ternyata makanan tinggi protein justru membuat sperma loyo karena menurunkan kadar testosteron.

Ada beberapa makanan yang kerap diandalkan para pria untuk mendongkrak stamina dan meningkatkan kualitas sperma. Namun ada juga jenis makanan yang bisa memperburuk kadar sperma, salah satunya makanan tinggi protein.

Makanan tinggi protein kerap dipilih untuk meningkatkan massa otot, namun efeknya ternyata tidak terlalu baik untuk pria. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa diet tinggi protein tidak disarankan untuk pria yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Dilansir dari Insider (23/3) sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition and Health dan dipimpin oleh ahli gizi Joe Whittaker, menguji kadar testosteron dari 309 pria selama delapan minggu. Para peserta penelitian ini diberi makan diet yang mencakup 35% daging, ikan, dan minuman protein shake.

Makanan Tinggi ProteinMakanan Tinggi Protein Foto: Getty Images/iStockphoto/a_namenko

Pada akhir penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron mereka mengalami penurunan rata-rata 37%. Peserta penelitian ini mengalami gejala penurunan testosteron, termasuk disfungsi ereksi, kelelahan, depresi dan kelemahan otot.

Dari hasil penelitian ini, Joe Whittaker yang merupakan seorang peneliti terapi nutrisi di University of Worcester di Inggris mengatakan bahwa para pria sebenarnya tidak cocok menjalani pola diet tinggi protein. Semakin banyak makanan tinggi protein yang diasup para pria maka semakin rendah juga kualitas sperma yang dihasilkan.

Pria yang menyantap protein dua kali lipat dari asupan rata-rata justru memiliki kadar testosteron lebih rendah

Ahli diet lainnya, Bonnie Taub-Dix mengatakan setuju dengan hasil penelitian ini. Ia menyebutkan bahwa pria yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berprotein akan memiliki kadar testosteron yang rendah. Meskipun makanan tinggi protein baik untuk membentuk otot.

Lantas berapa banyak protein yang seharusnya dikonsumsi para pria?

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui kebutuhan protein harian.



Simak Video "TOP 5: BTS Meal Bikin Heboh, Jerinx Bebas dari Penjara"
[Gambas:Video 20detik]